Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM POSING TIPE POST SOLUTION POSING TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS DITINJAU DARI PENGETAHUAN AWAL MATEMATIKA SISWA MTS NEGERI 4 KAMPAR

VIVI INDRIANI, 11515204141 (2019) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM POSING TIPE POST SOLUTION POSING TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS DITINJAU DARI PENGETAHUAN AWAL MATEMATIKA SISWA MTS NEGERI 4 KAMPAR. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
SKRIPSI VIVI INDRIANI.pdf

Download (26MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki ada tidaknya perbedaan pemahaman konsep matematis antara siswa yang mengikuti model pembelajaran problem posing tipe post solution posing dengan siswa yang mengikuti model pembelajaran langsungjika ditinjau dari pengetahuan awal siswa MTs Negeri 4 Kampar. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen dan desain yang digunakan adalah nonequivalent posttest-only control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII MTs Negeri 4 Kampar tahun pelajaran 2018/2019 dengan sampel penelitian kelas VII.b sebagai kelas kontrol dan kelas VII.c sebagai kelas eksperimen. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling dengan teknik analisis data yaitu uji anova dua arah. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh, 1)〖 F〗_hitung = 17,90 dan F_tabel = 4,05 pada taraf signifikan 5%. Terdapat perbedaan kemampuan pemahaman konsep matematis antara siswa yang mengikuti model pembelajaran problem posing tipe post solution posing dengan siswa yang mengikuti pembelajaran langsung pada siswa MTs. 2) F_hitung= 20,85 dan F_tabel = 3,20 pada taraf signifikan 5%. Terdapat perbedaan kemampuan pemahaman konsep matematis antara siswa yang memiliki pengetahuan awal tinggi, sedang dan rendah pada siswa MTs. 3)〖 F〗_hitung= 0,73 dan F_(tabel )= 3,20 pada taraf signifikan 5%. Tidak terdapat interaksi penerapan model pembelajaran problem posing tipe post solution posing dengan pengetahuan awal dalam meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa MTs. Kata Kunci: Problem Posing Tipe Post Solution Posing, Pemahaman Konsep Matematis, Pengetahuan Awal Matematika.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 15 Nov 2019 02:23
Last Modified: 15 Nov 2019 02:23
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/22415

Actions (login required)

View Item View Item