MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA DENGAN PENERAPAN PENDEKATAN INVESTIGASI PADA SISWA KELAS VIII MTS GUPPI BANDAR SUNGAI KECAMATAN SABAK AUH KABUPATEN SIAK

Siska Budiarti, (2011) MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA DENGAN PENERAPAN PENDEKATAN INVESTIGASI PADA SISWA KELAS VIII MTS GUPPI BANDAR SUNGAI KECAMATAN SABAK AUH KABUPATEN SIAK. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Sarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2011_2011234.pdf

Download (474kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pembelajaran matematika melalui pendekatan investigasi untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa kelas VIII MTs Guppi Bandar Sungai Kecamatan Sabak Auh Kabupaten Siak. Dalam penelitian ini rumusan masalahnya adalah ”Bagaimana Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika pada Siswa kelas VIII MTs Guppi Bandar Sungai Kecamatan Sabak Auh Kabupaten Siak pada pokok pembahasan Aljabar dengan penerapan Pendekatan investigasi ?” Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas, yaitu berkolaborasi antara guru mata pelajaran matematika dengan peneliti. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIIIB MTs Guppi Bandar Sungai yang berjumlah 28 orang, dan objeknya adalah kemampuan pemecahan masalah dengan objeknya adalah kemampuan pemecahan masalah matematika dengan penerapan investigasi. Pengambilan data dalam penelitian ini menggunakan tes soal-soal matematika yang berbentuk pemecahan masalah. Peneliti memberikan tes di akhir pembelajaran, setelah diperoleh data hasil belajar siswa sebelum dan setelah menggunakan tindakan, peneliti memberikan skor untuk setiap soal sesuai dengan indikator pemecahan masalah, kemudian menganalisis data. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Analisis ketuntasan berdasarkan skor yang diperoleh siswa sebelum tindakan dengan ketuntasan klasikal 37,1%, sedangkan ketuntasan klasikal setelah tindakan pada setiap siklusnya yaitu: siklus I = 71,4%, dan siklus II =89,5%. Berdasarkan hasil penelitian dari analisis tindakan, diperoleh kesimpulan bahwa dengan menerapkan pendekatan investigasi dapat meningkatkan hasil belajar siswa, khususnya pada aspek pemecahan masalah. Hal ini dapat dilihat dari analisis ketuntasan belajar siswa kelas VIII MTs Guppi Bandar Sungai Kecamatan Sabak Auh Kabupaten Siak setelah tindakan. Dari analisis ketuntasan secara individual dari 28 siswa, diperoleh 25 siswa tuntas dan 3 siswa yang belum tuntas, dengan rata-rata ketuntasan secara klasikal adalah 89,5%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.236 Sekolah Menengah Pertama, SMP
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Feni Marti Adhenova
Date Deposited: 01 Feb 2016 03:47
Last Modified: 01 Feb 2016 03:47
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/2241

Actions (login required)

View Item View Item