Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENERAPAN SMK3 PADA PENYELIDIKAN PENYEBAB KECELAKAAN KERJA MENGGUNAKAN METODE WBA (WHY BECAUSE ANALYSIS) DAN SWIFT (THE STRUCTURED WHAT-IF ANALYSIS) PADA PT. DAYA TAMA POLA NUSA DURI

abdul razzak al-anshari, mahasiswa (2019) PENERAPAN SMK3 PADA PENYELIDIKAN PENYEBAB KECELAKAAN KERJA MENGGUNAKAN METODE WBA (WHY BECAUSE ANALYSIS) DAN SWIFT (THE STRUCTURED WHAT-IF ANALYSIS) PADA PT. DAYA TAMA POLA NUSA DURI. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text
abdul razzak.pdf

Download (7MB)
[img] Text
18.BAB 4.pdf

Download (756kB)

Abstract

ABSTRAK Keselamatan dan kesehatan kerja adalah suatu program yang dibuat karyawan maupun pengusaha sebagai upaya mencegah timbulnya kecelakaan dan penyakit yang diakibatkan oleh pekerja. Tujuan dibuatnya K3 adalah untuk mengurangi kecelakaan kerja pada pekerja saat bekerja. Walaupun telah dibuat program K3 pada perusahaan masih terdapat kecelakaan kerja yang cukup tinggi pada tahun 2016-2018. Hal ini dapat dilihat pada perhitungan frequency rate (FR) dan severity rate (SR) yang dirata-ratakan perusahaan kehilangan 57 hari kerja dalam setahun. Berdasarkan hal itu perlu dirancang sebuah sistem untuk mengurangi kecelakaan kerja pada perusahaan. Ada dua rancanagan untuk mengurangi angka kecelakaan kerja yaitu dengan menggunakan metode WBA dan SWIFT. Metode ini merupakan metode identifikasi untuk menemukan dan meneliti kecelakaan dan menggunakan kreativitas dan kemampuan analisis untuk menemukan kemungkinan bahaya yang ada di dalam unit perusahaan. Hasil penelitian dengan mengunakan WBA terdapat resiko Event yang hasilnya 12 resiko dan state yang hasilnya 15 resiko. Dan dengan metode SWIFT semua resiko dihitung menggunakan RRN (Risk Rating Number) yang hasilnya 4 resiko yang mendapatkan perioritas sedang dengan nilai RRN = 6 – 9, 3 resiko mendapatkan perioritas rendah dengan nilai RRN = 1 – 3. Berdasarkan tingkat resiko tersebut dibuat tindakan perbaikan (safeguard) dan Display.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 600 Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan > 620 Ilmu Teknik
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Teknik Industri
Depositing User: fsains -
Date Deposited: 15 Nov 2019 02:41
Last Modified: 15 Nov 2019 02:42
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/22409

Actions (login required)

View Item View Item