Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH MASA KADALUARSA DAN PENGGUNAAN ZAT PENGATUR TUMBUH GA3 TERHADAP VIABILITAS BENIH DAN PERTUMBUHAN BIBIT SEMANGKA (Citrullus vulgaris Schard.)

LELA SAFITRI, - (2019) PENGARUH MASA KADALUARSA DAN PENGGUNAAN ZAT PENGATUR TUMBUH GA3 TERHADAP VIABILITAS BENIH DAN PERTUMBUHAN BIBIT SEMANGKA (Citrullus vulgaris Schard.). Skripsi thesis, universitas islam negri sultan syarif kasim riau.

[img] Text
cover- lampiran kecuali bab iv.pdf

Download (14MB)
[img] Text
17. BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf

Download (365kB)

Abstract

PENGARUH MASA KADALUARSA DAN PENGGUNAAN ZAT PENGATUR TUMBUH GA3 TERHADAP VIABILITAS BENIH DAN PERTUMBUHAN BIBIT SEMANGKA (Citrullus vulgaris Schard.) Lela Safitri (11482204180) Di bawah bimbingan Novita Hera dan Penti Suryani INTISARI Tanaman semangka (Citrullus vulgaris Schard) merupakan salah satu tanaman hortikultura yang banyak dibudidayakan secara luas oleh masyarakat. Dalam upaya peningkatan produksi tanaman semangka, petani dihadapkan dengan banyaknya beredar benih kadaluarsa yang sudah mengalami kemunduran viabilitas. Perlakuan yang dapat digunakan untuk meningkatkan viabilitas benih semangka yaitu dengan perendaman larutan zat pengatur tumbuh GA3. Tujuan penelitian ini untuk mendapatkan Pengaruh lama masa kadaluarsa benih terhadap perkecambahan dan pertumbuhan bibit semangka, mendapatkan konsentrasi GA3 yang tepat dalam meningkatkan perkecambahan dan pertumbuhan bibit semangka, dan mendapatkan pengaruh interaksi GA3 dan masa kadaluarsa benih terhadap perkecambahan dan pertumbuhan bibit semangka. Penelitian ini dilakukan di lahan percobaan Fakultas Pertanian dan Peternakan Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Pekanbaru Pada bulan Januari sampai Februari 2019, menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) faktorial 4 ulangan. Faktor pertama yaitu masa kadaluarsa benih semangka (1 bulan, 2 bulan, 3 bulan) dan faktor kedua yaitu konsentrasi GA3 (0 mg/l, 100 mg/l, 200 mg/l, dan 300 mg/l). Parameter yang diamati yaitu daya kecambah, indeks vigor, tinggi tanaman, panjang akar, berat basah dan berat kering. Hasil penelitian menunjukkan Perlakuan masa kadaluarsa 1 bulan memiliki viabilitas benih terbaik terhadap daya kecambah, berat basah dan berat kering tanaman semangka. Pemberian GA3 dengan konsentrasi 200 mg/L mampu meningkatkan tinggi tanaman, berat basah dan berat kering tanaman semangka kadaluarsa. Interaksi antara masa kadaluarsa 1 bulan dengan perendaman konsentrasi GA3 100 mg/l mampu meningkatkan indeks vigor benih semangka kadaluarsa. Kata kunci : Masa Kadaluarsa, GA3, Semangka (Citrullus vulgaris Schard)

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 600 Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan > 630 Usaha Tani, Pertanian, Teknologi Pertanian > 630.7 Pendidikan Pertanian, Riset Penelitian Pertanian
Divisions: Fakultas Pertanian dan Peternakan > Agroteknologi
Depositing User: fapertapet -
Date Deposited: 15 Nov 2019 03:35
Last Modified: 15 Nov 2019 03:35
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/22403

Actions (login required)

View Item View Item