MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MELALUI MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE SCRIPT MURID KELAS III SDN 002 MINAS BARAT KABUPATEN SIAK SRI INDRAPURA

Zuraida, (2011) MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MELALUI MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE SCRIPT MURID KELAS III SDN 002 MINAS BARAT KABUPATEN SIAK SRI INDRAPURA. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Sarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2011_2011233.pdf

Download (398kB) | Preview

Abstract

Berdasarkan hasil pengamatan peneliti, bahwa kenyataan yang terjadi di lapangan masih jauh dari harapan-harapan yang ada. Kegiatan belajar merupakan bahagian dari proses pendidikan bagi anak, dewasa ini semakin mengalami kemunduran. Belajar semakin dianggap sebagai suatu kegiatan yang membosankan dan tidak berkembang. Pada tiap sekolah, situasinya tidak jauh berbeda, anak-anak umumnya kurang memiliki kreativitas dan kurang aktif dalam belajar termasuk dalam belajar Pendidikan Agama Islam. Guru mengajar dengan materi yang sama dari tahun ke tahun atau catatan yang sama, banyaknya materi hapalan, gaya mengajar tidak berubah, tanpa menggunakan media pengajaran, standar, formal dan baku. Setelah data terkumpul melalui observasi, data tersebut diolah dengan menggunakan rumus persentase1, yaitu sebagai berikut : X100% FN P = Berdasarkan hasil observasi pada gejala awal aktivits belajar siswa diperoleh rata-rata persentase 53,6% dengan kategori rendah. Kemudian berdasarkan hasil observasi pada siklus pertama yang menunjukkan bahwa tingkat aktivitas belajar siswa mencapai dengan rata-rata persentase 70,7% dengan kategori tinggi. Sedangkan pada siklus II terjadi peningkatan mencapai aktivitas belajar siswa diperoleh rata-rata persentase 84,3% dengan kategori sangat tinggi. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan sebagaimana telah diuraikan di atas menjelaskan bahwa “jika Model pembelajaran Cooperative Script diterapkan pada proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) maka akan meningkatkan aktivitas belajar Pendidikan Agama Islam (PAI) murid kelas III SD Negeri 002 Minas Barat Kabupaten Siak. Sri Indrapura dapat diterima.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Feni Marti Adhenova
Date Deposited: 01 Feb 2016 03:45
Last Modified: 01 Feb 2016 03:45
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/2240

Actions (login required)

View Item View Item