PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA BERDASARKAN DISPOSISI MATEMATIS SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 3 TAMBANG

RINES NOFERINA, 11515201383 (2019) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA BERDASARKAN DISPOSISI MATEMATIS SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 3 TAMBANG. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
SKRIPSI RINES NOFERINA.pdf

Download (30MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki ada tidaknya perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematis menggunakan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) dengan siswa yang mengikuti model pembelajaran konvensional berdasarkan disposisi matematis tinggi, sedang, dan rendah pada siswa kelas VII SMP Negeri 3 Tambang. Penelitian ini merupakan penelitian Quasy Eksperimen dengan desain penelitian The Nonequivalent Posttest-Only Control Group Design. Populasi target dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 3 Tambang. Sampel penelitian ini dipilih dengan menggunakan teknik Porposive Sampling, sampel pada penelitian ini adalah kelas VII 3 sebagai kelompok eksperimen dan kelas VII 1 sebagai kelompok kontrol. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji anova dua arah (two way anova). Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes kemampuan pemecahan masalah matematis, angket disposisi matematis dan lembar observasi. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulan bahwa: 1) Terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematis antara siswa yang menggunakan model pembelajaran CTL dengan siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional 2) Terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematis antara siswa yang memiliki disposisi matematis tinggi, sedang, dan rendah 3) Tidak terdapat interaksi model pembelajaran dengan disposisi matematis siswa terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. . Kata kunci: Contextual Teaching and learning (CTL), Disposisi Matematis, Pemecahan Masalah Matematis.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 14 Nov 2019 04:25
Last Modified: 14 Nov 2019 04:25
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/22392

Actions (login required)

View Item View Item