PENGGUNAAN STRATEGI PORTOFOLIO PADA MATERI MENCERITAKAN KISAH NABI UNTUKMENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MURID KELAS VA SEKOLAH DASAR NEGERI 008 SALO KECAMATAN SALO KABUPATEN KAMPAR

Roslaini, (2011) PENGGUNAAN STRATEGI PORTOFOLIO PADA MATERI MENCERITAKAN KISAH NABI UNTUKMENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MURID KELAS VA SEKOLAH DASAR NEGERI 008 SALO KECAMATAN SALO KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Sarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2011_2011232.pdf

Download (328kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (Class Action Reseach). Berdasarkan hasil pengamatan di Sekolah Dasar Negeri 008 Salo Kecamatan Salo Kabupaten Kampar ditemui beberapa gejala-gejala atau fenomena dalam proses belajar mengajar, yang menunjukkan rendahnya aktivitas belajar Murid, diantaranya: Adanya sebagian Murid yang kurang semangat dalam mengikuti proses pembelajaran, hal ini terlihat dari aktivitas Murid yang cendrung banyak bermain. Dalam pembelajaran Murid cendrung lebih banyak diam dan hanya mendengarkan penjelasan guru. Kurangnya keingintahuan Murid terhadap materi pelajaran yang disampaikan oleh guru, hal ini terlihat dari sebahagian kecil Murid yang paham dengan materi yang disampaikan oleh guru. Hal ini menunjukan bahwa aktivitas belajar Murid masih tergolong rendah terutama pada mata pelajan Pendidikan Agama Islam. Untuk meningkatkan aktivitas belajar Murid maka pada penelitian ini diterapkan Strategi Strategi Portofolio Dalam Pelajaran Pendidikan Agama Islam Pada Materi Menceritakan Kisah Nabi di Sekolah Dasar Negeri 008 Salo. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: apakah penggunaan strategi Portofolio dapat meningkatkan aktivitas Murid Dalam Mempelajari Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas VA Sekolah Dasar Negeri 008 Salo Kecamatan Salo Kabupaten Kampar. Penelitian ini dilakukan dalam tiga siklus dan tiap siklus dilakukan dalam satu kali pertemuan. Agar penelitian tindakan kelas ini berhasil dengan baik tanpa hambatan yang mengganggu kelancaran penelitian, peneliti menyusun tahapan-tahapan yang dilalui dalam penelitian tindakan kelas, yaitu: 1) Perencanaan/persiapan tindakan, 2) Pelaksanaan tindakan, 3) Observasi, dan Refleksi. Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat diketahui bahwa terjadinya peningkatan aktivitas belajar Murid dalam pelajaran Pendidikan Agama Islam. Pada siklus I aktivitas belajar Murid dikategorikan tinggi dengan rata-rata persentase 60,9 sedangkan pada siklus II terjadi peningkatan aktivitas belajar Murid dengan kategori tinggi dengan rata-rata persentase 68,4, dan pada siklus III juga terjadi peningkatan aktivitas belajar Murid dengan kategori sangat tinggi dengan rata-rata persentase 81,2 dengan demikian aktivitas belajar Murid meningkat setelah diterapkan strategi Portofolio dapat meningkatkan aktivitas belajar Murid kelas VA di Sekolah Dasar Negeri 008 Salo Kecamatan Salo Kabupaten Kampar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Feni Marti Adhenova
Date Deposited: 01 Feb 2016 03:44
Last Modified: 01 Feb 2016 03:44
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/2239

Actions (login required)

View Item View Item