Eni Shofiatun N (2011) KONSEP PENDIDIKAN KELUARGA DALAM PERSPEKTIF AL-QUR’AN. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Sarif Kasim Riau.
|
Text
2011_2011231.pdf Download (499kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini berjudul “Konsep Pendidikan Keluarga Dalam Perspektif Al Qur’an”. Berdasarkan hasil penelitian, penulis melihat banyak orang yang telah membuat karya ilmiah bertema pendidikan keluarga, akan tetapi pada umumnya mereka hanya membahas sacara umum. Maka untuk mengetahui pendidikan keluarga lebih jauh maka dibutuhkan penelitian lebih lanjut. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan memahami lebih jauh tentang pendidikan keluarga yang ideal dalam perspektif Al-Qur’an. Teknik pengumpulan data dari penelitian ini adalah untuk menggunakan metode tafsir tematik atau yang dikenal dengan Metode Tafsir Mawdhû’i yaitu metode tafsir yang berusaha mencari jawaban tentang pendidikan keluarga dari Al-Qur’an dengan cara mengumpulkan atau menghimpun ayat-ayat Al-Qur’an yang mempunyai maksud yang sama dalam arti sama-sama membicarakan satu topik atau masalah dan mengusungnya berdasarkan kronologi serta sebab turunnya ayat-ayat tersebut. Adapun langkah-langkah atau cara kerja metode tafsir mawdhû’i ini dapat dirinci sebagai berikut: 1. Menetapkan masalah yang akan dibahas 2. Menentukan kata kunci mengenai permasalahan itu dan padananya dalam Al Qur’an. 3. Menghimpun ayat-ayat yang berkaitan dengan masalah tersebut 4. Menyusun runtutan ayat sesuai dengan masa turunnya 5. Mengetahui korelasi ayat-ayat tersebut dalam surahnya masing-masing 6. Menyusun pembahasan dalam kerangka yang sempurna 7. Melengkapi pembahasan dengan hadits-hadits yang relevan 8. Mempelajari ayat-ayat tersebut secata tematik dan menyeluruh dengan cara menghimpun ayat-ayat yang mengandung pengertian yang sama. Dalam penganalisaan penelitian ini penulis menggunakan metode Content Analisys (analisa isi) yaitu menjelaskan tentang konsep pendidikan keluarga dalam perspektif Al Qur’an Berdasarkan analisa yang telah penulis lakukan, dapat disimpulkan bahwa konsep pendidikan keluarga dalam perspektif Al-Qur’an adalah suatu proses pendidikan yang dilaksanakan oleh orang tua di dalam keluarga (rumah tangga). Di sini Orang tua mempunyai tanggung jawab untuk memelihara, mendidik, membimbing anak mereka sesuai dengan ajaran agama Islam agar mereka terhindar dari siksaan api neraka.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 200 Agama > 290 Agama Selain Kristen > 297 Islam > 297.1 Sumber-sumber Agama Islam, Kitab Suci Agama Islam > 297.125 Hadits |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Feni Marti Adhenova |
Date Deposited: | 01 Feb 2016 03:43 |
Last Modified: | 01 Feb 2016 03:43 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/2238 |
Actions (login required)
View Item |