Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PELAKSANAAN KEMENTERIAN AGAMA DALAM MEMBERIKAN PELAYANAN PENYELENGGARAAN IBADAH HAJI REGULER DI KABUPATEN KAMPAR

HESTI MINDASARI, 11544201984 (2019) PELAKSANAAN KEMENTERIAN AGAMA DALAM MEMBERIKAN PELAYANAN PENYELENGGARAAN IBADAH HAJI REGULER DI KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text
SKRIPSI GABUNGAN.pdf

Download (2MB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (471kB)

Abstract

Dalam kegiatan pelaksanaan ibadah haji reguler Kementerian Agama harus memperhatikan dua hal. Pertama stadar saat masih berada di tanah air, banyak aspek penting yang harus diperhatikan diantaranya pembinaan bagi calon jamaah haji, pelayanan jasa (pembayaran setoran ONH ke bank, pengurusan dokumen haji, dan umroh, pemeriksaan kesehatan calon jamaah), bimbingan manasik (materi bimbingan dan waktu bimbingan), penyediaan perlengkapan dan konsultasi keagamaan. kedua standar pelayanan ibadah haji di tanah suci meliputi pelayanan akomodasi, transportasi, konsumsi serta kesehatan.Teknik yang penulis gunakan dalam penelitian ini adalah teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi, dan informan yang di gunakan diantaranya 2 Staf kasi haji dan 1 orang jamaah haji. Dalam penelitian ini penulis tidak menggunakan angket karna penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif.Berdasarkan metode yang dilakukan diketahui bahwa dalam pelayanan penyelenggaraan ibadah haji yan g dilakukan antara lain : pelayanan pendaftaran haji dilakukan sesui dengan SOP pendaftaran haji pemerintah, pelayanaan pengurusan paspor dilakukan sesuai dengan peraturan pemerintah yang mengharuskan dalam pengurusan paspor haji menggunakan nama 3 suku kata, pelayanan informasi haji pemerintah menggunakan sistem SISKOHAT (sistem informasi dan komputerisasi haji terpadu) yang dapat memudahkan bagi petugas haji dalam pengimputan data calon jamaah haji. Palayanan kesehatan haji dilakukan 3 tahap pemeriksaan kesehatan oleh Kementerian Agama Kabupaten kampar, tahap satu dilakukan di puskesmas calon jamaah haji berdomisili, tahap dua dilakukan di Kantor Dinas kesehatan dan akan di berikan Vaksin Miningitis, tahap ketiga dilakukan ketika berada di embarkasi haji, dan juga pelayanan keberangkatan dan kepulangan jamaah haji, Kementerian Agama bekerjasama dengan berbagai pihak dalam keberangkatan dan kepulangan jamaah haji, baik itu instansi pemerintah daearah maupun instansi pemerintah pusat. Kata kunci : Pelayanan, penyelenggaraam ibadah haji, Kementerian Agama Kabupaten Kampar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 200 Agama > 290 Agama Selain Kristen > 297 Islam > 297.7 Perkembangan Islam > 297.74 Dakwah Islam, Penyebaran Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Manajemen Dakwah
Depositing User: fdk -
Date Deposited: 14 Nov 2019 04:02
Last Modified: 14 Nov 2019 04:02
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/22379

Actions (login required)

View Item View Item