Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

Tinjauan Fiqh Siyasah Maliyah Terhadap Pengelolaan Dana Nagari Oleh Badan Usaha Milik Nagari (BUM Nag) Koto Tangah Kecamatan Tilatang Kamang Kabupaten Agam

Iit Nurul Putri, - (2019) Tinjauan Fiqh Siyasah Maliyah Terhadap Pengelolaan Dana Nagari Oleh Badan Usaha Milik Nagari (BUM Nag) Koto Tangah Kecamatan Tilatang Kamang Kabupaten Agam. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV BARU.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (680kB)
[img] Text
SKRIPSI GABUNGAN.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya Pengelolaan Dana Nagari untuk mewujudkan kualitas hidup dan kesejahteraan masyarakat yang memadai pada Nagari Koto Tangah. Dalam hal ini ada 2 (dua) permasalahan yang diambil, yaitu Bagaimana pengelolaan Dana Nagari oleh Badan Usaha Milik Nagari (BUM Nag) dan tinjauan Fiqh Siyasah Maliyah terhadap pengelolaan Dana Nagari di Nagari Koto Tangah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengelolaan Dana Nagari oleh Badan Usaha Milik Nagari (BUM Nag) dan tinjauan Fiqh Siyasah Maliyah terhadap pengelolaan Dana Nagari di Nagari Koto Tangah Kecamatan Tilatang Kamang Kabupaten Agam. Jenis penelitian gunakan adalah Field Research dan mengunakan analisa kualitatif. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 7 orang dan sample yang digunakan total sampling. Sedangkan teknik pengumpulan datanya dengan cara observasi, dan Interview. Teknik Anlisis yang digunakan yaitu analisa kualitatif. Adapun lokasi pada penelitian ini adalah Badan Usaha Milik Nagari (BUM Nag) Kecamatan Tilatang Kamang Kabupaten Agam. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwasannya pengelolaan BUMNag KOPANAKO belum secara maksimal dalam mengelola dan memamfaatkan anggaran Dana Nagari disebab belum terlaksana semua program yang di telah dicantumkan dalam Peraturan Daerah Kabupaten Agam No. 02 Tahun 2018. Namun dalam fiqh Siaysah Maliyah pengelola ini tergolongkan kepada nadb (sunnah) atau diajurkan karena kebijakan pengelolaan yang dilakukan oleh pemerintah dengan pengurus BUMNag KOPANAKO telah memihak kepada masyarakat. Serta jika di ukur dari segi maslahat dan mudhoratnya, bahwa pengelolaan ini maslahatnya lebih besar dari pada mudharatnya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 340 Ilmu Hukum
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Tata Negara (Siyasah)
Depositing User: fasih -
Date Deposited: 14 Nov 2019 03:24
Last Modified: 14 Nov 2019 03:28
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/22378

Actions (login required)

View Item View Item