Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH PEMAHAMAN MATERI MUJAHADA AN- NAFS DAN HUSNUZZAN TERHADAP SIKAP BELAJAR SISWA DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 12 PEKANBARU.

HASRUL HAMDANI, 11411100138 (2019) PENGARUH PEMAHAMAN MATERI MUJAHADA AN- NAFS DAN HUSNUZZAN TERHADAP SIKAP BELAJAR SISWA DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 12 PEKANBARU. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text
File lengkap sampai lampiran kecuali hasil penelitian ( Bab IVdan atau Bab V).pdf

Download (7MB)
[img] Text (BAB IV)
File Hasil Penelitian( Bab IV dan atau Bab V).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (950kB)

Abstract

ABSTRAK Hasrul Hamdani, (2019): Pengaruh Pemahaman Materi Mujahada an- Nafs dan Husnuzzan Terhadap Sikap Belajar Siswa di Sekolah Menengah Atas Negeri 12 Pekanbaru. Penelitian ini terdiri dari dua variabel, yaitu pemahaman materi Pendidikan Agama Islam tentang mujahada an- Nafs dan husnuzzan sebagai X (variabel bebas/ independen) dan sikap belajar siswa di Sekolah sebagai variabel Y (variabel terkait/ dependen). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh signifikan antara pemahaman materi mujahada An-naf’s dan Husnuzzan terhadap sikap belajar di Sekolah Menengah Atas Negeri 12 Pekanbaru. Subjek dalam penelitian adalah siswa Sekolah Menengah Atas Negeri 12 Pekanbaru, Adapun objek dalam penelitian ini adalah pengaruh pemahaman materi tentang mujahada an- Nafs dan husnuzzan terhadap sikap belajar siswa di Sekolah Menengah Atas 12 Pekanbaru. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa Sekolah Menengah Atas Negeri 12 Pekanbaru yang berjumlah 1185 siswa. Penarikan sampel menggunakan purposive random sampling. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 50 orang siswa. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik tes, angket, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan rumus Korelasi Product Moment. pemaham materi mujahada an- nafs dan husnuzzan denga persentase 79,1%. Sedangkan sikap belajar dengan persentase 75,1%. Dengan demikian ada pengaruh yang signifikan pengaruh pemahaman materi mujahada an- nafs dan husnuzzan terhadap sikap belajar. Berdasarkan perhitungan diperoleh angka koefisien korelasi sebesar 0,566 lebih besar dari rtabel pada taraf signifikan 5% (0,250) maupun pada taraf signifikan 1% (0,325). Dengan cara lain dapat ditulis dengan 0,250<0,566> 0,325. Kata Kunci: Pemahaman Materi mujahada an- Nafs dan Husnuzzan, Sikap Belajar

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 15 Nov 2019 03:21
Last Modified: 15 Nov 2019 03:21
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/22372

Actions (login required)

View Item View Item