ANALISIS KETERAMPILAN BERKOMUNIKASI SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING PADA MATERI HIDROKARBON DAN MINYAK BUMI

EVI HUDRIANI, 11517201660 (2019) ANALISIS KETERAMPILAN BERKOMUNIKASI SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING PADA MATERI HIDROKARBON DAN MINYAK BUMI. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (607kB)
[img] Text
SKRIPSI EVI HUDRIANI.pdf

Download (9MB)

Abstract

ABSTRAK Evi Hudriani, (2019): Analisis Keterampilan Berkomunikasi Siswa melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Facilitator and Explaining pada Materi Hidrokarbon dan Minyak Bumi Penelitian ini dilatarbelakangi dari kurangnya respon siswa yang terlihat pasif dalam proses pembelajaran, sehingga dibutuhkan suatu model pembelajaran yang dapat merangsang siswa dalam mengembangkan keterampilan berkomunikasi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mengetahui keterampilan berkomunikasi siswa setelah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe student facilitator and explaining di kelas XI MIPA 2 SMAN 1 Tanah Putih, Rokan Hilir. Penelitian ini dilaksanakan pada semester ganjil tahun ajaran 2019/2020. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah purposive sampling dengan jumlah sampel sebanyak 35 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi dan tes essay dalam bentuk posttest. Data yang diperoleh kemudian dianalisis secara deskriptif. Hasil analisis data dalam penelitian ini menunjukkan bahwa berdasarkan lembar observasi nilai rata-rata setiap indikator keterampilan berkomunikasi siswa adalah indikator komunikasi lisan sebesar 57,85% (cukup baik), indikator keterampilan berkomunikasi tulisan sebesar 63,48% (baik), indikator keterampilan berkomunikasi interpersonal sebesar 60,67% (baik). Berdasarkan data hasil tes essay, nilai rata-rata setiap indikator keterampilan berkomunikasi adalah kelengkapan hasil sebesar 85,90% (sangat baik), menginterpretasikan ide sebesar 65,50% (baik), dan sistematis dan jelas sebesar 93,80% (sangat baik). Dapat disimpulkan bahwa pencapaian keterampilan berkomunikasi siswa pada materi hidrokarbon dan minyak bumi di kelas XI MIPA 2 secara keseluruhan termasuk dalam katagori baik. Kata kunci:Keterampilan Berkomunikasi, Model Pembelajaran Kooperatif, Student Facilitator and Explaining

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Kimia
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 13 Nov 2019 08:39
Last Modified: 13 Nov 2019 08:39
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/22370

Actions (login required)

View Item View Item