PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF TIPE SYNERGETIK TEACHING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN PAI PADA MATERI AQIDAH SMP NEGERI I KECAMATAN SUNGAI LALA KABUPATEN INDRAGIRI HULU

Sarman, (2011) PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF TIPE SYNERGETIK TEACHING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN PAI PADA MATERI AQIDAH SMP NEGERI I KECAMATAN SUNGAI LALA KABUPATEN INDRAGIRI HULU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Sarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2011_2011227.pdf

Download (481kB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penulisan ini adalah “Untuk Mengetahui Apakah Penerapan Strategi Pembelajaran Aktif Tipe Synergetick Teaching dalam Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran PAI pada Materi Aqidah SMP Negeri 1 Kecamatan Sungai Lala Kabupaten Indragiri Hulu”. Adapun rumusan masalahnya “Baaimanakah Penerapan Strategi Pembelajaran Aktif Tipe Synergetick Teaching dalam Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran PAI pada Materi Aqidah SMP Negeri 1 Kecamatan Sungai Lala Kabupaten Indragiri Hulu?. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk memperbaiki kekurangan dalam pembelajaran di kelas. Subjek dari penelitian ini adalah siswa, sedangkan objeknya adalah Strategi Pembelajaran Aktif Tipe Synergetik Teaching dan hasil belajar Agama Islam. Pengumpulan data dilakukan dengan memberikan tes hasil belajar Agama Islam siswa berupa kuis yang dilakukan sebelum tindakan dan sesudah tindakan. Berdasarkan analisis data yang dilgunakan yaitu statatistik deskriptif dan dengan menggunakan program SPSS. Dari analisis data yang diperoleh dapat disimpulkan adanya peningkatan hasil belajar Agama Islam siswa yang signifikan setelah penerapan Strategi Pembelajaran Aktif Tipe Synergetik Teaching dibandingkan sebelum dilaksanakan Strategi Pembelajaran Aktif Tipe Synergetik Teaching, dengan rata-rata sebelum tindakan 53,75 dengan ketuntasan secara klasikal 25% dan setelah tindakan siklus 1 dengan rata-rata 71,39, ketuntasan klasikal 72,22%, siklus 2 dengan rata-rata 80,69, ketuntasan klasikal 83,33%. Maka dapat disimpulkan bahwa Penerapan Strategi Pembelajaran Aktif Tipe Synergetick Teaching dapat Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran PAI pada Materi Aqidah SMP Negeri 1 Kecamatan Sungai Lala Kabupaten Indragiri Hulu Pada Pokok Bahasan Iman Kepada Allah SWT.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.236 Sekolah Menengah Pertama, SMP
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Feni Marti Adhenova
Date Deposited: 01 Feb 2016 03:41
Last Modified: 01 Feb 2016 03:41
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/2237

Actions (login required)

View Item View Item