AKTIVITAS SISWA DALAM MENGIKUTI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) BERDASARKAN KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN (KTSP) DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMANEGERI 1 KAMPAR

Yullianti Rahmi, (2011) AKTIVITAS SISWA DALAM MENGIKUTI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) BERDASARKAN KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN (KTSP) DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMANEGERI 1 KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Sarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2011_2011225.pdf

Download (297kB) | Preview

Abstract

Dalam penelitian ini penulis mencoba mengangkat dua permasalahan yang mendasar tentang aktifitas siswa yang berhubungan dengan KTSP. Adapun dua permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah, (1) Bagaimana aktifitas siswa dalam mengikuti pembelajaran PAI di SMPN I Kampar. Pada dasarnya, KTSP jika diterapkan akan mampu membangkitkan dan meningkatkan aktivitas siswa dalam proses belajar mengajar di Sekolah. Untuk itu perlunya sosialisasi dan pemerataan dalam pemahaman dan penguasaan KTSP di lingkungan tenaga pengajar. Karena berdasarkan hasil survey yang telah peneliti lakukan di SMPN 1 Kampar, terlihat masih banyak para guru yang belum memahami dan menguasai konsep dan metode KTSP yang diajarkan.sehingga dengan kurangnya pemahaman dan penguasaan para guru terhadap konsep dan metode KTSP khususnya dalam Pembelajaran PAI di SMPN 1 Kampar, maka tujuan dari program KTSP belum dapat diwujudkan dengan meningkatkan peran aktif siswa dalam mengikuti proses belajar mengajar di Kelas, khusus pada mata pelajaran PAI. Dari hasil penelitian yang telah peneliti lakukan di SMPN 1 Kampar, dimana menghasilkan kesimpulan bahwa penerapan KTSP di SMPN 1 Kampar dinyatakan “Cukup Baik”, karena yang menjawab Ya dengan persentase 56,67%, sementara frekuensi siswa yang menjawab “Tidak” dari total keseluruhan persentase 43,33%. Jumlah siswa yang menyatakan Ya berada pada urutan kalimat kuantitatif antara 56 % - 75 %. Urutan tersebut ditetapkan sebagai urutan “Cukup Baik”. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan metode statified sampling– pengambilan sampel dengan tujuan yang dikehendaki berdasarkan tingkatan. Dengan jumlah sampel dalam penelitian adalah 47 orang siswa Kelas 1 dari 317 jumlah populasi yang ada.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.236 Sekolah Menengah Pertama, SMP
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Feni Marti Adhenova
Date Deposited: 01 Feb 2016 03:38
Last Modified: 01 Feb 2016 03:38
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/2232

Actions (login required)

View Item View Item