Pengaruh Komunikasi Kepala Sekolah Terhadap profesionalisme Kerja Perangkat Sekolah di SMPN 1 Pasir Penyu, Kab.Indragiri Hulu

Yogi Maulana, - (2019) Pengaruh Komunikasi Kepala Sekolah Terhadap profesionalisme Kerja Perangkat Sekolah di SMPN 1 Pasir Penyu, Kab.Indragiri Hulu. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text
SKRIPSI YOGI MAULANA.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (13MB)
[img] Text
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Organisasi adalah suatu kelompok orang dalam sebuah wadah atau perkumpulan untuk tujuan bersama. Kelompok tersebut terdiri dari orang-orang yang saling berinteraksi, berkomunikasi, berkiprah dengan perbedaan latar belakang, perbedaaan pengalaman pribadi, dan perbedaaan sosial. Suatu organisasi seperti sekolah yang didalamnya terdapat sumber daya manusia atau tenaga kependidikan khususnya kepala sekolah dan guru merupakan unsur yang sangat penting dalam pencapaian tujuan pendidikan. Kepala sekolah sebagai pemimpin sekolah dan guru sebagai tenaga pendidik. Sesama pegawai dan kepala sekolah harus terjadi komunikasi yang baik agar terjadi peningkatan dalam kinerja serta sikap profesionalisme kerja yang dapat menunjang prestasi kerja yang dinilai secara berkala.Penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh komunikasi pimpinan dari kepala sekolah terhadap profesionalisme kerja perangkat sekolah yang ada di SMPN 1 Pasir Penyu,Kab.Indragiri Hulu. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Sampel dalam penelitian ini adalah seluruh perangkat sekolah SMPN 1 Pasir Penyu pada tahun 2019. Uji validitas instrument menggunakan korelasi Product Moment dan uji reliabilitas menggunakan Cronbach’s Alpha. Analisis data menggunnakan analisis regresi linear sederhana yang terdiri dari uji regresi, uji hipotesis dan uji koefisien determinasi dan korelasi. Hasil penelitian menujukkan bahwa terdapat pengaruh positif dan siginifikan komunikasi pimpinan dari kepala sekolah terhadap profesionalisme kerja perangkat sekolah, dengan koefisien korelasi (R) 0,945 dan koefisien determinasi (R2) 0,892. . Hal ini menunjukan bahwa variabel independent (X) yaitu Komunikasi Pimpinan Kepala Sekolah memberikan pengaruh dalam meningkatkan Profesionalisme Kerja Perangkat Sekolah sebesar 89% dengan kategori pengaruh sangat kuat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 302 Interaksi Sosial, Hubungan Antarpersonal > 302.2 Komunikasi
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: fdk -
Date Deposited: 13 Nov 2019 03:54
Last Modified: 13 Nov 2019 03:55
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/22316

Actions (login required)

View Item View Item