Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

KONSEP ILMU DALAM TAFSIR AL-BAHR AL-MADID FI TAFSIR AL-QURAN AL-MAJID KARYA IBN ‘AJIBAH (1160-1224 H)

NUR IRFANI BINTI MOHAMAD NOR HANAFI, 11532205446 (2019) KONSEP ILMU DALAM TAFSIR AL-BAHR AL-MADID FI TAFSIR AL-QURAN AL-MAJID KARYA IBN ‘AJIBAH (1160-1224 H). Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text
SKRIPSI NUR IRFANI BINTI MOHAMAD NOR HANAFI.pdf

Download (6MB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Ilmu pengetahuan itu merupakan sesuatu yang penting dan berharga, karena itu Allah SWT memerintahkan manusia untuk mencari ilmu yang bermanfaat karena tiada jalan untuk mengenali Allah SWT dan sampai kepadaNya kecuali dengan jalan ilmu. Ilmu adalah nur. Dengan nur itulah Allah SWT telah mengutuskan para Rasul dan kitab-kitabNya, serta seseorang itu memperoleh petunjuk di dalam kegelapan kejahilan dan melepaskan dirinya dari syak wasangka, syubhah dan waham. Kedudukan ilmu dalam kehidupan manusia sangat penting. Ilmu adalah jalan ke surga, maka kedudukannya dalam agama Islam begitu tinggi dan mulia. Allah SWT akan mengangkat derajat seseorang yang berilmu beberapa derajat karena keutamaan dan kemuliaan ilmu tersebut. Penelitian yang digunakan adalah penelitian kepustakaan (library research) dengan mengumpulkan bahan-bahan pustaka dan metode penelitian dalam menjawab permasalahan ini adalah metode tematik serta memakai pendekatan deskriptif, yaitu penelitian, analisa dan klasifikasi untuk mendapatkan kesimpulan hasil penelitian. Skripsi ini mengkaji tentang Konsep Ilmu dalam Tafsir Al-Bahr Al-Madid Fi Tafsir Al-Quran Al-Majid Karya Ibn ‘Ajibah (1160-1224 H) melalui dua permasalahan berikut, yaitu apakah yang dimaksudkan dengan ilmu dan bagaimana konsep ilmu dalam Tafsir Al-Bahr Al-Madid Fi Tafsir Al-Quran Al-Majid. Dari pembacaan teks-teks yang tersedia, mendapati bahwa ilmu itu berasal dari bahasa Arab yang berarti pengetahuan dan lawan bagi kata ilmu adalah jahil yang berarti ketidaktahuan atau kebodohan. Kata ilmu adalah bentuk masdar dari ‘alima, ya’lamu, ‘ilmun. Maksud lain dari kata ilmu adalah “menjangkau sesuatu sesuai dengan keadaan yang sebenarnya”. Ia juga dipakai untuk menyebut “suatu pengenalan yang sangat jelas terhadap suatu objek”. Para ahli tafsir banyak memberikan pengertian dan pemahaman tentang ilmu. Sementara lain, apabila dilihat pada konsep ilmu dalam Tafsir Al-Bahr Al-Madid karya Ibn ‘Ajibah pula, kata ilmu mempunyai berbagai makna, antaranya ilmu yang bermanfaat yaitu ilmu yang dapat memadamkan bara hawa, menolak nafsu, diliputi dengan rasa takut dan keinginan untuk kembali kepadaNya. Kemudian, Imam Al-Baidhowi mengatakan ilmu yang dimaksudkan adalah keyakinan yang benar yang didasari sumber terpercaya, baik itu qoth’i (tetap) maupun zonni (perlu dikaji terlebih dahulu) serta maksud ilmu itu adalah amal.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 200 Agama > 290 Agama Selain Kristen > 297 Islam > 297.1 Sumber-sumber Agama Islam, Kitab Suci Agama Islam > 297.1226 Tafsir Al-Qur'an, Ilmu Tafsir
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Ilmu Alqur'an dan Tafsir
Depositing User: fushu -
Date Deposited: 12 Nov 2019 03:41
Last Modified: 12 Nov 2019 03:41
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/22261

Actions (login required)

View Item View Item