Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

DAMPAK IMPLEMENTASI SISTEM BAGI HASIL PT. APLIKASI KARYA ANAK BANGSA TERHADAP KESEJAHTERAAN PENGEMUDI GOJEK MENURUT EKONOMI ISLAM (STUDI KASUS BASECAMP GOJEK PANAMSQUAD SQUARE PEKANBARU).

DYAH AYU VIRANTI, 11425200405 (2019) DAMPAK IMPLEMENTASI SISTEM BAGI HASIL PT. APLIKASI KARYA ANAK BANGSA TERHADAP KESEJAHTERAAN PENGEMUDI GOJEK MENURUT EKONOMI ISLAM (STUDI KASUS BASECAMP GOJEK PANAMSQUAD SQUARE PEKANBARU). Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (846kB)
[img] Text
GABUNGAN KECUALI BAB IV.pdf

Download (6MB)

Abstract

PT. aplikasi karya anak bangsa atau yang dikenal dengan Go-Jek merupakan sebuah perusahaan teknologi asal Indonesia yang melayani angkutan melalui jasa ojek dengan sistem online. Adapun fenomena yang terjadi dilapangan Peran mitra sangatlah penting bagi kelangsungan hidup sebuah perusahaan, kelompok, maupun organisasi. Penurunan tarif menjadi momok baru bagi para driver. Jarak yang cukup jauh ditempuh para mitra untuk mengantarkan costumer, namun harga lebih kecil (tidak sesuai). Ketidak konsistenan PT.GoJek sangat merugikan para pengemudinya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Dampak Implementasi sistem bagi hasil PT. aplikasi karya anak bangsa terhadap kesejahteraan pengemudi Gojek. Selanjutnya untuk mengetahui tinjauan Ekonomi Islam terhadap Implementasi sistem bagi hasil PT. aplikasi karya anak bangsa terhadap kesejahteraan pengemudi Gojek. Populasi adalah keseluruhan subyek penelitian. Adapun yang menjadi populasi dalam penelitian ini adalah Pengemudi gojek BaseCamp GoJek Panam Squad Square Pekanbaru, Riau. sebanyak 40 orang. Mengingat jumlah populasi yang relatif sedikit maka seluruhnya dijadikan sampel yaitu dengan teknik total sampling. Total sampling digunakan jika jumlah populasi dari suatu penelitian tidak terlalu banyak. Dari hasil penelitian diperoleh bahwa persamaan regresi Y= 2,699 + 0,903 X dapat disimpulkan bahwa bagi hasil memiliki pengaruh yang positif terhadap kesejahteraan. Jika bagi hasil naik maka kesejahteraan juga akan naik. Hal ini dapat dibuktikan dengan nilai t hitung > t tabel yaitu 9,745 > 2,02439 dengan nilai signifikan sebesar 0,000 < 0,05 yang berarti HO ditolak dan Ha diterima. Jadi dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh Implementasi sistem bagi hasil PT. Aplikasi Karya Anak Bangsa terhadap kesejahteraan pengemudi Go-Jek secara signifikan. Menurut tinjauan ekonomi Islam, berdasarkan hasil penelitian bahwa implementasi bagi hasil yang dijalani oleh PT. Aplikasi Karya Anak Bangsa telah sesuai dengan apa yang telah diajarkan oleh agama Islam. Hal ini dibuktikan sesuai dengan rukun dan syarat pada syirkah Inan yang mana pembagian keuntungan dari pengelola dana dinyatakan dalam bentuk nisbah yang disepakati dengan metode bagi untung dan rugi atau metode bagi pendapatan. Banyak diantara Pengemudi atau Mitra yang memilih setuju tentang bagi hasil yang diterapkan dan kesejahteraan selama ini sudah dirasakan. Kemudian kesejahteraan yang dihasilkan oleh karyawan PT. Aplikasi Karya Anak Bangsa sudah sesuai menurut Syariat Islam dan tidak menyalahi aturan dalam syariat Islam. Keyword: Bagi Hasil, Kesejahteraan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 200 Agama > 290 Agama Selain Kristen > 297 Islam > 297.2 Teologi Islam, Aqaid dan Ilmu Kalam > 297.273 Islam dan Ilmu Ekonomi
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ekonomi Syari'ah
Depositing User: fasih -
Date Deposited: 12 Nov 2019 01:33
Last Modified: 12 Nov 2019 01:33
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/22250

Actions (login required)

View Item View Item