Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

EFEKTIVITAS TEKNIK MIND MAPPING DALAM LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PERENCANAAN KARIR SISWA DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 1 KUBU ROKAN HILIR

JULIA, (-) (2019) EFEKTIVITAS TEKNIK MIND MAPPING DALAM LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PERENCANAAN KARIR SISWA DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 1 KUBU ROKAN HILIR. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (392kB)
[img] Text (GABUNG)
GABUNG.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (28MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan perencanaan karir siswa di SMA N 1 Kubu Rokan Hilir. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: (1) kemampuan perencanaan karir siswa di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Kubu Rokan Hilir, (2) penerapan teknik mind mapping dalam layanan bimbingan kelompok di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Kubu Rokan Hilir, dan (3) efektivitas teknik mind mapping dalam layanan bimbingan kelompok untuk meningkatkan kemampuan perencanaan karir siswa di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Kubu Rokan Hilir. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif jenis experiment design dengan desaign one-group pretest-posttest. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa dan objek dalam penelitian ini adalah efektivitas teknik mind mapping dalam layanan bimbingan kelompok untuk meningkatkan kemampuan perencanaan karir siswa di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Kubu Rokan Hilir. Jumlah populasi pada penelitian ini sebanyak 31 siswa, sedangkan sampelnya sebanyak 10 orang siswa yang memiliki kemampuan perencanaan karir yang rendah diambil berdasarkan teknik purpose sampling. Instrument penelitian ini menggunakan angket, observasi dan dokumentasi. Adapun untuk menganalisis data, penulis menggunakan uji Wilcoxon. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan perencanaan karir siswa sebelum diberikan teknik mind mapping dalam layanan bimbingan kelompok berada di kategori rendah dengan rata-rata 51, dan setelah diberikan teknik mind mapping dalam layanan bimbingan kelompok mengalami peningkatan menjadi kategori tinggi dengan rata-rata 81, maka dapat diketahui adanya perbedaan antara pretest dan posttest. Jadi dapat disimpulkan bahwa teknik mind mapping dalam layanan bimbingan kelompok efektif untuk meningkatkan kemampuan perencanaan karir siswa yang dilihat dari angka probabilitas Sig. (2-tailed) sebesar 0,005 < 0,05 sehingga hipotesis alternative diterima. Kata Kunci: Efektivitas, Teknik Mind Mapping dalam Layanan Bimbingan Kelompok, Kemampuan Perencanaan Karir Siswa

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.238 Sekolah Menengah Atas, SMA
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 11 Nov 2019 05:00
Last Modified: 11 Nov 2019 05:00
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/22199

Actions (login required)

View Item View Item