Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

Analisis Framing Pemberitaan Perusakan Spanduk Selamat Datang Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) Di Pekanbaru Pada Media Online Tribunnes.Com (Edisi Desember 2018)

SEPTIANI AFRIANTI, 11543202191 (2019) Analisis Framing Pemberitaan Perusakan Spanduk Selamat Datang Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) Di Pekanbaru Pada Media Online Tribunnes.Com (Edisi Desember 2018). Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI GABUNGAN.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (V)
BAB V BARU.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (909kB)

Abstract

ABSTRAK Nama : Septiani Afrianti NIM : 11543202191 Judul : Analisis Framing Pemberitaan Perusakan Spanduk Selamat Datang Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) Di Pekanbaru Pada Media Online Tribunnews.Com ( Edisi Desember 2018) Kasus perusakan spanduk selamat datang Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) di pekanbaru pada Desember 2018 menarik perhatian publik. Kejadian terjadi pada saat kunjungan SBY bersama Ani Yudhoyono menghadiri pelantikan pengurus DPC PD se Provinsi Riau pada Sabtu 15 Desember 2018. Kasus ini menjadi perhatian karena pada hari itu bersamaan dengan kunjungan kampanye presiden Joko Widodo di Pekanbaru. Kasus tersebut menarik perhatian media massa untuk memberitakanya termasuk media online Tribunnews.com. Dalam penelitian ini penulis ingin mengetahui bagaimana media online Tribunnews.com dalam membingkai pemberitaan mengenai perusakan spanduk selamat datang Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dengan menggunakan analisis framing Pan dan Kosicki. Peneliti melakukan analisis pada berita yang dimuat di media online Tribunnews.com sebanyak 17 berita.Pan dan Kosicki merumuskan empat struktur dalam melakukan analisis framing yaitu: sintaksis, skrip,tematik dan retoris. Selanjutnya penulis menggunakan teori agenda setting untuk memperkuat hasil analisis framing mengenai kasus perusakan spanduk selamat datang Susilo Bambang Yudhoyono.Hasil penelitian yang dilakukan menunjukan Tribunnews.com lebih menonjolkan pemberitaan dari pihak Susilo Bambang Yudhoyono mengenai perusakan spanduk selamat datang Susilo Bambang Yudhoyono. Dan Tribunnews.com dalam menyusun berita dari satu sudut pandang saja sehingga tekesan ketidakseimbangan. Analisis kelengkapan berita berupa foto dan grafis Tribunnews.com cukup lengkap dalam pemberitaan, aspek ini merupakan aspek pendukung dalam kelengkapan berita. Kata kunci : Analisis framing ,Perusakan spanduk SBY,Tribunnews.com

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 302 Interaksi Sosial, Hubungan Antarpersonal > 302.2 Komunikasi
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: fdk -
Date Deposited: 11 Nov 2019 03:52
Last Modified: 11 Nov 2019 03:52
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/22191

Actions (login required)

View Item View Item