Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

Peran Pemerintah Daerah Kabupaten Kampar Dalam Mensosialisasikan Peraturan Daerah Nomor 1 Tahun 2013 Tentang Pandai Membaca Al-Qur’an (Studi Di Kecamatan Bangkinang Kabupaten Kampar)

HIJRAH TUL AMAL, 11527100025 (2019) Peran Pemerintah Daerah Kabupaten Kampar Dalam Mensosialisasikan Peraturan Daerah Nomor 1 Tahun 2013 Tentang Pandai Membaca Al-Qur’an (Studi Di Kecamatan Bangkinang Kabupaten Kampar). Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (392kB)
[img]
Preview
Text
GABUNG.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Dalam proses pembentukan Perda yang dilaksanakan oleh DPRD bersama Kepala Daerah harus memperhatikan salah satu aspek yaitu aspek keterbukaan, bahwa setiap pembentukan Perda diperlukan adanya keterbukaan bagi masyarakat, baik itu akademisi atau praktisi agar dapat berpartisipasi dalam proses perencanaan, persiapan, dan penyusunan untuk memberikan masukan atau pertimbangan secara lisan atau tertulis sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan. Daerah Kabupaten/Kota di Indonesia sangatlah banyak yang memiliki keanekaragaman budaya, adat istiadat yang berbeda. Peran Pemerintah Daerah sangatlah penting dalam mengatur masyarakatnya, oleh karena itu dalam pembuatan Perda harus menyesuaikan dengan kondisi masyarakatnya yang cenderung dinamis Permasalahan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana peran Pemerintah Kabupaten Kampar dalam pelaksanaan sosialisasi Peraturan Daerah Nomor 1 Tahun 2013 Tentang Pandai Membaca Al-Qur,an di Kecamatan Bangkinang, serta Apa saja faktor-faktor penyebab kurang maksimalnya sosialisasi Peraturan Daerah Nomor 1 Tahun 2013 Tentang Pandai Membaca Al-Qur’an dan dampaknya terhadap tingkat pengetahuan masyarakat. Adapun dalam tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peran Pemerintah dalam mensosialisasikan Peraturan Daerah Nomor 1 Tahun 2013 Tentang Pandai Membaca Al-Qur’an dan untuk mengetahui faktor-faktor penyebab kurang maksimalnya sosialisasikan Peraturan Daerah Nomor 1 Tahun 2013 Tentang Pandai Membaca Al-Qur,an, Untuk mencapai tujuan tersebut, digunakan metode penelitian hukum sosiologis yaitu penelitian yang dilakukan dilapangan. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, serta dokumen yang diperoleh langsung dari pihak-pihak yang ada kaitannya dengan penelitian ini. Dari hasil penelitian yang penulis lakukan dapat disimpulkan bahwa Sosialisasi Peraturan Daerah Nomor 1 Tahun 2013 Tentang Pandai Membaca Al-Qur’an di Kecamatan Bangkinang Kabupaten Kampar belum berjalan dengan maksimal, itu dibuktikan masih banyak masyarakat yang tidak mengetahui tentang adanya Perda Pandai Membaca Al-Qur’an. Dikarenakan tidak adanya sosialisasi yang dilakukan oleh pihak terkait yaitu Kementrian Agama Kabupaten Kampar. Faktor-faktor yang mempengaruhi kurang maksimalnya dalam mensosialisasikan Peraturan Daerah Nomor 1 Tahun 2013 Tentang Pandai Membaca Al-Qur’an di Kecamatan Bangkinang Kabupaten Kampar ini adalah Partisipasi Masyarakat, Dana/Biaya dan Sarana Prasarana dalam mensosialisasikan Perda ini. Oleh karena itu, sampai saat sekarang ini Perda tentang Pandai Membaca

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 340 Ilmu Hukum
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: fasih -
Date Deposited: 11 Nov 2019 07:16
Last Modified: 11 Nov 2019 07:16
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/22189

Actions (login required)

View Item View Item