Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

ANALISIS IDENTIFIKASI DAN PENGELOLAAN RISIKO SUPPLY CHAIN MANAGEMENT DENGAN MENGGUNAKAN METODE VALUE STREAM MAPPING (VSM) DAN FAILURE MODE AND EFFECT ANALYSIS (FMEA) (STUDI KASUS: UKM. INTAN)

SRI UTAMI, - (2019) ANALISIS IDENTIFIKASI DAN PENGELOLAAN RISIKO SUPPLY CHAIN MANAGEMENT DENGAN MENGGUNAKAN METODE VALUE STREAM MAPPING (VSM) DAN FAILURE MODE AND EFFECT ANALYSIS (FMEA) (STUDI KASUS: UKM. INTAN). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
File lengkap sampai lampiran kecuali hasil penelitian ( Bab IV dan atau Bab V).pdf

Download (6MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
File Hasil Penelitian ( Bab IV dan atau Bab V).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (819kB)

Abstract

ANALISIS IDENTIFIKASI DAN PENGELOLAAN RISIKO SUPPLY CHAIN MANAGEMENT DENGAN MENGGUNAKAN METODE VALUE STREAM MAPPING (VSM) DAN FAILURE MODE AND EFFECT ANALYSIS (FMEA) (STUDI KASUS: UKM. INTAN) Misra Hartati1, Sri Utami2 1,2,3,4 Jurusan Teknik Industri, Fakultas Sains dan Teknologi, UIN Sultan Syarif Kasim Riau Jl. HR. Soebrantas No. 155 Simpang Baru, Panam, Pekanbaru, 28293 Email: misrahartati@uin-suska.ac.id utami.sri25@gmail.com ABSTRAK UKM Intan adalah sebuah UKM yang terletak pada Jalan Air Hitam, Pekanbaru, Riau. UKM Intan memproduksi kue kering yang terdiri dari 3 macam jenis kue. Diantaranya adalah kue kacang, kue sagon dan kue sagon merah putih. Diantara tiga jenis kue tersebut yang menjadi produk tetap yang selalu diproduksi adalah kue kacang dan sagon bakar. Ketidakpastian atau kejadian yang tidak terencana akan selalu muncul dalam setiap aktivitas rantai pasok yang akan berakibat pada aliran bahan dan komponen rantai pasok. Ketidakpastian dalam rantai pasok disebut dengan risiko. Dalam sebuah rantai pasok risiko tidak dapat dihindari dan dihilangkan. Akan tetapi risiko dapat diminimalisir agar tidak mengakibatkan kerugian yang besar yang nantik akan berdampak pada pendapatan perusahaan. UKM Intan memiliki struktur rantai pasok yaitu supplier, UKM, distributor retailer dan konsumen. Permasalahan yang ada pada UKM ini yaitu banyaknya produk yang mengalami retur disebabkan oleh beberapa faktor yang tidak tepat pada saat proses pendistribusian produk sehingga menyebabkan produk tersebut menjadi rusak dan tidak diterima oleh konsumen. Penelitian ini menggunakan metode Value Stream Mapping (VSM) dan Failure Mode and Effect Analysis (FMEA). Berdasarkan analisis dan identifikasi diperoleh 11 kejadian risiko dari proses produksi dan proses pendistibusian. Maka akan dilakukan usulan perbaikan dan perancangan strategi pengelolaan risko di UKM. Intan. Kata kunci: Supply Chain Management, Analisis Risiko, Value Stream Mapping, Failure Mode and Effect Analysis

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 600 Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan > 620 Ilmu Teknik
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Teknik Industri
Depositing User: fsains -
Date Deposited: 11 Nov 2019 03:36
Last Modified: 11 Nov 2019 03:37
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/22173

Actions (login required)

View Item View Item