Desain dan Uji Coba Penggunaan Instrumen Penilaian Kinerja untuk Mengukur Kemampuan Psikomotorik Siswa dalam Praktikum Laju Reaksi

Ade Irma Isnaini, (-) (2019) Desain dan Uji Coba Penggunaan Instrumen Penilaian Kinerja untuk Mengukur Kemampuan Psikomotorik Siswa dalam Praktikum Laju Reaksi. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text
1. COVER-digabungkan.pdf

Download (15MB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendesain instrumen penilaian kinerja dan uji coba penggunaan instrumen penilaian kinerja dalam mengukur kemampuan psikomotorik siswa pada parktikum laju reaksi. Penelitian ini menggunakan metode mixed methods research dengan desain penelitian sekuensial eksploratori. Penelitian ini dilakukan secara bertahap (sekuensial) dimana peneliti terlebih dahulu memulai dengan mengeksplorasi data kualitatif dan menganalisisnya kemudian mengggunakan temuan pada fase kualitatif untuk mengembangkan instrumen dan menganalisis nya secara kuantitatif di kelas XI SMAN 2 Pekanbaru. Data kualitatif dan kuantitatif diperoleh melalui wawancara, angket, dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini berupa rubrik penilaian kinerja, yang berisikan aspek penilaian skor dan kriteria. Instrumen ini digunakan sebagai suatu instrumen untuk mengukur tingkat psikomotorik siswa pada saat melakukan praktikum laju reaksi. Rata-rata hasil kemampuan psikomotorik siswa berdasarkan indikator sebesar 78,27 % dengan kriteria baik. Hasil penelitian dari angket respon pengguna menunjukkan bahwa aspek materi dan konstruksi mendapatkan persentase tertinggi yaitu sebesar 100% dengan kategori sangat baik. Kemudian diikuti oleh aspek bahasa yang mendapatkan persentase 92% dengan kategori sangat baik juga. Secara keseluruhan, rata-rata persentase angket respon pengguna yakni 97,33% dengan kategori sangat baik. Hal ini menunjukkan bahwa instrumen penilaian kinerja yang dikembangkan peneliti sangat baik dalam mengukur kemampuan psikomotorik siswa pada pokok bahasan laju reaksi dan dapat digunakan oleh guru sebagai rekomendasi instrumen penilaian untuk mengukur kemampuan psikomotorik siswa dalam kegiatan praktikum. Kata kunci: Instrumen Penilaian Kinerja, Kemampuan Psikomotorik, Laju Reaksi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.238 Sekolah Menengah Atas, SMA
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Kimia
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 07 Nov 2019 07:41
Last Modified: 07 Nov 2019 07:43
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/22100

Actions (login required)

View Item View Item