Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis berdasarkan Self Confidence Siswa Sekolah Menengah Atas Pekanbaru.

DIAH MIRANTY, - (2019) Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis berdasarkan Self Confidence Siswa Sekolah Menengah Atas Pekanbaru. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI-LAMPIRAN KECUALI BAB IV.pdf

Download (29MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
13. BAB IV 74-114.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Diah Miranty, (2019) : Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis berdasarkan Self Confidence Siswa Sekolah Menengah Atas Pekanbaru. Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengetahui perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematis antara siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran CPS dengan siswa yang belajar menggunakan pembelajaran konvensional, dan 2) mengetahui interaksi model pembelajaran dan self confidence terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dan desain yang digunakan adalah the nonequivalent posttest only control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 9 Pekanbaru yang terdiri dari 9 kelas. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik purposive sampling dengan sampel kelas X IPA 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas X IPA 2 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes, angket, dan observasi. Instrumen pengumpulan data berupa soal posttest kemampuan pemecahan masalah, angket self confidence dan lembar pengamatan aktifitas guru dan siswa. Teknik analisis data menggunakan uji-t dan uji anova dua arah. Berdasarkan hasil analisis data, didapat kesimpulan bahwa: 1) terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran CPS dengan siswa yang belajar menggunakan pembelajaran konvensional, 2) tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran CPS dan self confidence siswa. Secara umum, model pembelajaran CPS berpengaruh terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis berdasarkan self confidence siswa di SMA Negeri 9 Pekanbaru. Kata kunci: Model Pembelajaran Creative Problem Solving, Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis, Self Confidence.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 500 Ilmu-ilmu Alam dan Matematika > 510 Matematika > 519 Matematika Terapan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 07 Nov 2019 06:53
Last Modified: 07 Nov 2019 06:54
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/22082

Actions (login required)

View Item View Item