Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

CHATBOT PEMBIMBING AKADEMIK DENGAN PENDEKATAN NATURAL LANGUAGE PROCESSING DAN NAIVE BAYES CLASSIFIER (Studi Kasus : Teknik Informatika Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau)

Meiridha Elviana, - (2019) CHATBOT PEMBIMBING AKADEMIK DENGAN PENDEKATAN NATURAL LANGUAGE PROCESSING DAN NAIVE BAYES CLASSIFIER (Studi Kasus : Teknik Informatika Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
File lengkap sampai lampiran kecuali hasil penelitian ( Bab IV dan atau Bab V).pdf

Download (7MB) | Preview
[img] Text (BAB V)
File Hasil Penelitian ( Bab IV dan atau Bab V).pdf - Updated Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Pembimbing Akademik adalah dosen yang diberi tugas dan tanggung jawab untuk menyampaikan informasi yang diperlukan serta memberi nasehat akademis kepada mahasiswa. Pembimbing Akademik harus memiliki informasi yang relevan untuk memberikan panduan fungsional kepada mahasiswa. Pembimbing Akademik dan mahasiswa memiliki grup chat bimbingan di media sosial. Namun terkadang mahasiswa harus menunggu respon cukup lama dari pembimbing akademik ketika melakukan chatting sementara mahasiswa ingin mendapatkan respon segera. Oleh karena itu chatbot dapat menjadi media alternatif untuk penyampaian informasi dan mempermudah mahasiswa dalam bimbingan akademik tanpa batasan waktu dan tempat. Sistem chatbot yang digunakan adalah berbasis teks. Chatbot dapat menjawab pertanyaan otomatis yang diberikan menggunakan metode Natural Language Processing dan Naïve Bayes Classifier untuk mengetahui maksud pertanyaan dan kemudian dicocokan dengan entitas sebagai kata kunci pertanyaan tersebut. Chatbot dapat memberikan jawaban yang diinginkan dengan tingkat akurasi jawaban sebesar 90% dan tingkat akurasi kategori pertanyaan sebesar 90% karena dibantu text preprocessing dan pembobotan kata dengan TF IDF. Kata Kunci : Chatbot, Entitas, Naïve Bayes Classifier, Natural Language Processing, Pembimbing Akademik, Pembobotan kata, Text Preprocessing.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 600 Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Teknik Informatika
Depositing User: fsains -
Date Deposited: 07 Nov 2019 04:27
Last Modified: 07 Nov 2019 04:28
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/22061

Actions (login required)

View Item View Item