Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH PENERAPAN PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME) TERHADAP KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS BERDASARKAN SELF REGULATED LEARNING SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 1 KAMPA

ADE SETIAWARNI, - (2019) PENGARUH PENERAPAN PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME) TERHADAP KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS BERDASARKAN SELF REGULATED LEARNING SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 1 KAMPA. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
COVER - LAMPIRAN KECUALI BAB 4.pdf

Download (25MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
15 BAB IV ANI.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (998kB)

Abstract

ABSTRAK Ade Setiawarni, (2019): Pengaruh Penerapan Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) terhadap Kemampuan Koneksi Matematis Berdasarkan Self Regulated Learning Siswa Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Kampa. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya fakta di lapangan yang menunjukkan masih terdapat siswa di SMP Negeri 1 Kampa yang belum optimal memiliki kemampuan koneksi matematis. Adapun hipotesis penelitian ini adalah untuk menyelidiki ada atau tidaknya terdapat perbedaan kemampuan koneksi matematis siswa antara siswa yang memperoleh pembelajaran dengan pendekatan RME dengan siswa yang memperoleh pembelajaran tanpa pendekatan RME, mengetahui ada atau tidaknya perbedaan kemampuan koneksi matematis antara siswa yang memiliki Self Regulated Learning belajar tinggi, sedang, dan rendah dan ada atau tidak terdapat interaksi antara pendekatan RME dan Self Regulated Learning belajar siswa terhadap kemampuan koneksi matematis siswa. Penelitian ini merupakan penelitian Quasi Eksperimental dengan desain The Nonequivalent Postest-Only Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII semester genap SMP Negeri 1 Kampa tahun ajaran 2018/2019. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas VIII.1 dan VIII.2. Teknik analisis data yang digunakan untuk hipotesis pertama adalah uji-t sedangkan untuk hipotesis kedua dan ketiga menggunakan anova dua arah. Hasil analisis data dengan menggunakan uji t menunjukkan nilai t_hitung= 3,470 > t_tabel=2,006 sehingga dapat disimpulkan terdapat perbedaan kemampuan koneksi matematis antara siswa yang mengikuti pembelajaran dengan pendekatan RME dengan siswa yang mengikuti pembelajaran tanpa pendekatan RME. Hasil analisis data dengan menggunakan uji anova dua arah untuk menunjukkan 〖F(B)〗_hitung=95,1>〖F(B)〗_tabel=3,19 sehingga dapat disimpulkan terdapat perbedaan kemampuan koneksi matematis antara siswa yang memiliki Self Regulated Learning belajar tinggi, sedang, dan rendah. Sedangkan 〖F(A×B)〗_hitung=-47,2<〖F(A×B)〗_tabel=3,19 sehingga dapat disimpulkan bahwa tidak terdapat interaksi antara pendekatan RME dan Self Regulated Learning belajar siswa terhadap kemampuan koneksi matematis siswa. Kata Kunci: Pendekatan Pembelajaran Realistic Mathematics Education (RME), Kemampuan Koneksi Matematis, Self Regulated Learning.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 500 Ilmu-ilmu Alam dan Matematika > 510 Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 07 Nov 2019 04:23
Last Modified: 07 Nov 2019 04:23
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/22036

Actions (login required)

View Item View Item