Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

Manajemen Fundraising Lembaga Amil Zakat (LAZ) Dompet Dhuafa Riau dalam Program Pos Sehat

Zulherman, - (2019) Manajemen Fundraising Lembaga Amil Zakat (LAZ) Dompet Dhuafa Riau dalam Program Pos Sehat. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI ZULHERMAN.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (789kB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh salah satu problem yang sampai saat ini belum bisa diselesaikan adalah tentang pelayanan kesehatan. Masyarakat miskin terkadang sering tidak mendapatkan pelayanan karena mereka tidak memiliki biaya untuk berobat. Lembaga Amil Zakat (LAZ) Dompet Dhuafa Riau merupakan lembaga amil zakat yang bertugas dan bertanggung jawab dalam mengelola dana zakat, infak dan shadaqah baik pengumpulan, pendistribusian hingga pendayagunaan dana zakat yang ada di Riau. Permasalahan penelitian ini adalah bagaimana Manajemen fundraising Dompet Dhuafa Riau dalam program pos sehat, sehingga dari kegiatan fundraising yang dilakukan oleh Dompet Dhufa Riau dapat membantu mustahik dalam problem kesehatan tersebut. Adapun tujuan dari diadakannya penelitian ini yaitu untuk mengetahui lebih lanjut bagaimana manajemen fundraising Dompet Dhuafa Riau dalam program pos sehat. Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode deskriptif kualitatif, informan dalam penelitian ini berjumlah 3 (tiga) orang terdiri dari pimpinan cabang, staf fundraising, kepala program pos sehat lembaga Dompet Dhuafa Riau. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi dengan analisis kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian diatas dapat disimpulkan bahwa manajemen fundraising Dompet Dhuafa Riau dalam program pos sehat. Pertama, mengidentifikasi para calon donatur. Kedua menentukan metode fundraising. Ketiga, melakukan pengelolaan atau mengarahkan para donatur untuk berzakat atau berdonasi terhadap program tertentu, serta melakukan penjagaan terhadap donatur agar loyal terhadap lembaga. Keempat melakukan evaluasi mingguan,bulanan, dan tahunan terhadap seluruh kegiatan di lembaga. Kata Kunci: Manajemen, Fundraising

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 360 Permasalahan dan Kesejahteraan Sosial > 362 Kesejahteraan Sosial, Permasalahan dan Layanan Sosial
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Manajemen Dakwah
Depositing User: fdk -
Date Deposited: 07 Nov 2019 02:56
Last Modified: 07 Nov 2019 03:02
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/22027

Actions (login required)

View Item View Item