Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

IKLAN ROKOK A MILD VERSI “TANYA KENAPA” SEBAGAI MEDIA KRITIK SOSIAL (Study Content Analysis)

REGITA CAHYAMI, - (2019) IKLAN ROKOK A MILD VERSI “TANYA KENAPA” SEBAGAI MEDIA KRITIK SOSIAL (Study Content Analysis). Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB 5)
BAB V BARU.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (605kB)
[img] Text (BAB 1 -4 DAN 6)
SKRIPSI GABUNGAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Nama : Regita Cahyami NIM : 11543200738 Judul : Iklan Rokok A Mild Versi “Tanya Kenapa” Sebagai Media Kritik Sosial ( Study Content Analysis) Pemerintah membatasi ruang gerak pada produsen rokok dan kreator iklan rokok untuk mempromosikan produk mereka, karena Iklan rokok yang masuk dalam kategori jenis produk AKROBAT (Alkohol, Kondom, Rokok, dan Obat-obatan) mempunyai keterbatasan dalam memvisualisasi kelebihan produknya. Pada kenyataannya kreator iklan justru menciptakan ide yang out of box dan lebih kreatif. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah untuk mengetahui apa saja pesan kritik sosial dalam iklan A Mild versi “tanya Kenapa”. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan analisis kritik sosial yang terkandung dalam iklan A Mild Versi “Tanya Kenapa”. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Dengan jenis penelitian Analisis Isi (Content Analysis). Adapun populasi iklan yang berjumlah 33 iklan, dan menggunakan sampel 12 iklan. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik analisis isi Hoslty dengan lembar koding (coding sheet). Dari hasil analisis diketahui munculnya kritik sosial secara parsial dalam iklan A mild Versi “Tanya kenapa” adalah KMM ( Kritik Sosial Moral Masyarakat) dengan persentase 3,66%, diikuti dengan KSP (Kritik sosial Pembangunan) dengan Persentase 2,08%, lalu KSE (Kritik Sosial Ekonomi) dengan persentase 1,83%, dilanjutkan dengan KSH (Kritik Sosial Hukum ) dengan persentase 1,58% dan secara keseluruhan mengandung 9% kategori kritik sosial. iklan A Mild menjadi edukasi untuk masyarakat karena pesan-pesan dalam iklan merupakan bentuk kritik sosial terhadap kebijakan-kebijakan pemerintah ataupun kepada sikap manusia sehari-hari. Kata Kunci : Analisis isi , Kritik Sosial , Iklan Rokok A Mild

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 302 Interaksi Sosial, Hubungan Antarpersonal > 302.2 Komunikasi
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: fdk -
Date Deposited: 07 Nov 2019 04:19
Last Modified: 07 Nov 2019 04:21
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/22019

Actions (login required)

View Item View Item