Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENAFSIRAN SAYYID SABIQ TERHADAP AYATAYAT HUKUM DALAM KITAB FIQIH SUNNAH (Studi terhadap Ayat Hukum Ahwảl al-Syakhshiyyah)

E R M A N (2015) PENAFSIRAN SAYYID SABIQ TERHADAP AYATAYAT HUKUM DALAM KITAB FIQIH SUNNAH (Studi terhadap Ayat Hukum Ahwảl al-Syakhshiyyah). Disertasi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
1. 201501DHI_cover desertasi.pdf

Download (318kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. 201501DHI_daftar isi.pdf

Download (373kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. 201501DHI_abstrak.pdf

Download (331kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. 201501DHI_BAB 1.pdf

Download (530kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. 201501DHI_BAB 2 ok.pdf

Download (840kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. 201501DHI_BAB 3.pdf

Download (705kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. 201501DHI_BAB 4 ok.pdf

Download (495kB) | Preview
[img] Text
10. 201501DHI_BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (692kB)
[img] Text
11. 201501DHI_BAB 6.pdf
Restricted to Registered users only

Download (614kB)
[img]
Preview
Text
12. 201501DHI_BAB 7.pdf

Download (111kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11. 201501DHI_DAFTAR PUSTAKA OK.pdf

Download (352kB) | Preview

Abstract

Tafsir ahkam dan fiqih merupakan dua bidang/cabang ilmu Islam yang tidak dapat dibedakan. Keduanya memiliki hubungan erat dan persamaan objek kajian. Ketika seseorang melakukan ijtihad di bidang fiqih, maka bisa dipastikan yang bersangkutan mengerti dan memahami tafsir ayat-ayat hukum. Sayyid Sảbiq dapat pula diasumsikan menguasai kaidah dan metode penafsiran ayat-ayat hukum dalam Alquran, mengingat beliau adalah seorang fuqaha’. Meskipun tidak memiliki karya tafsir ayat-ayat hukum, namun dari perspektif pendapat-pendapat fiqihnya dalam Fiqih Sunnah sangat memungkinkan untuk disingkap sisi pemikiran tafsir ayat-ayat hukumnya. Kajian ini menjadi sangat signifikan dalam rangka mengenbalikan fiqih kepada sumber aslinya. Permasalahan dalam penelitian adalah tentang karakteristik Sayyid Sabiq dalam menafsirkan ayat-ayat hukum dalam kitab Fiqih Sunnah dan metode penafsirannya. Penelitian ini bertujuan untuk mencari jawaban terhadap pokok permasalahan tentang motode penafsiran Sayyid Sảbiq terhadap ayat-ayat hukum dalam kitab Fiqih Sunnah dan karakteristiknya. Penelitian ini bersifat kualitatif karena instrumen kerjanya adalah kajian kepustakaan (library research). Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisa isi (conten analisys), yaitu ayat-ayat Alquran yang berawal dari urutan dan identifikasi ayat-ayat hukum yang termuat dalam kitab Fiqih Sunnah berdasarkan urutan bab dan sub bab yang termasuk dalam kelompok hukum perkawinan (جاو*+ا), perceraian (ق-.+ا), nafkah (/012) dan ayat hukum tentang pembagian harta warisan (34ا56). Akhirnya diperoleh kesimpulan bahwa Sayyid Sabiq memiliki karakteristik penafsiran ayat-ayat hukum dalam Alquran yang berbeda bila dibandingkan dengan ulama lain. Karakteristik tersebut terlihat ketika Sayyid tidak begitu mementingkan tahapan yang dilakukan ulama tafsir, karena beliau menekankan pada maksud dan tujuan ayat-ayat hukum tersebut bisa dipahami oleh pembacanya dengan baik. Hal ini berkaitan dengan tujuan disusunnya kitab Fiqih Sunnah adalah untuk kalangan masyarakat awam. Penafsiran Sayyid Sabiq terhadap ayat-ayat hukum Ahwal al-Syakhsiyyah dalam kitab Fiqih Sunnah dapat dikelompokkan kepada tiga metode. Pertama, metode bi al riwayah. Metode ini paling banyak digunakan oleh Sayyid Sabiq dalam memahami ayat-ayat hukum Ahwal al-Syakhsyiyyah, baik penggunaan riwayah dari sisi menafsirkan Alquran dengan Alquran, Alquran dengan Hadis ataupun menafsirkan Alquran dengan Aqwal al-Sahabah. Kedua, metode bi al-dirayah. Metode ini digunakan oleh Sayyid Sabiq dalam menafsirkan beberapa ayat hukum Ahwal al-Syakhsyiyyah. Ketiga, metode bi al-riwayah dan bi aldirayah secara bersamaan (kombinasi).

Item Type: Thesis (Disertasi)
Subjects: 200 Agama > 290 Agama Selain Kristen > 297 Islam
Divisions: Program Pascasarjana > S3 > Hukum Keluarga
Depositing User: Ms. Melda Fitriana
Date Deposited: 06 Nov 2019 07:21
Last Modified: 06 Nov 2019 07:24
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/22002

Actions (login required)

View Item View Item