Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

Peran Fasilitator Dalam penanganan Kawasan Kumuh Program Kota Tanpa Kumuh (KOTAKU) di Kelurahan Sukaramai Kecamatan Pekanbaru Kota, Kota Pekanbaru

riski umi pratiwi, - (2019) Peran Fasilitator Dalam penanganan Kawasan Kumuh Program Kota Tanpa Kumuh (KOTAKU) di Kelurahan Sukaramai Kecamatan Pekanbaru Kota, Kota Pekanbaru. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI GABUNGAN.pdf

Download (4MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (215kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini di latar belakangi keadaan lingkungan permukiman tidak layak seperti rendahnya mutu pelayanan air minum, drainase, limbah, sampah serta masalah-masalah lain seperti kepadatan dan ketidak teraturan bangunan yang lebih lanjut berimplikasi pada meningkatnya bahaya kebakaran maupun dampak sosial seperti tingkat kriminal, karena umumnya masyarakat yang tinggal di pemukiman kumuh ini adalah masyarakat miskin. Pemerintah berupaya menangani permasalahan permukiman kumuh melalui program kota tanpa kumuh (KOTAKU). Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana peran fasilitator dalam penanganan kawasan kumuh program (KOTAKU) di Kelurahan Sukaramai. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peran fasilitator dalam penanganan kawasan kumuh program kota tanpa kumuh (KOTAK). Penelitian ini menggunakan teori peran fasilitator yaitu sebagai nasumber, pelatihan, mediator, dan penggerak yang dikemukakan dibuku Menjadi fasilitator Genius. Penelitian yang digunakan Deskriftif Kualitatif dengan menggunakan fakta dan gejala, untuk selanjutnya di ambil kesimpulan akhir sebagai hasil dari analisa penulis. Informan dalam penelitian ini berjumlah 7 orang yang terdiri dari 5 orang fasilitator dan 2 masyarakat. Teknik pengumpulan data melalui Observasi, Wawancara, Dokumentasi. Hasil penelitian diperoleh bahwa tim fasilitator berperan dalam penanganan kawasan kumuh dibidang penginformasikan kegiatan-kegiatan kawasan kumuh, memberikan pelatihan untuk meningkatkan kapasitas masyarakat (coaching clinic), sebagai mediator yang menjadi penghubung antara pemerintah dan masyarakat untuk mengatasi permasalahan kumuh, serta penggerak dengan memberi dorongan dan motivasi kepada masyarakat kelurahan sukaramai.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 360 Permasalahan dan Kesejahteraan Sosial
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: fdk -
Date Deposited: 06 Nov 2019 08:00
Last Modified: 06 Nov 2019 08:03
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/21992

Actions (login required)

View Item View Item