PERBANDINGAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA ANTARA MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) DAN TIPE TEAM GAME TOURNAMENT (TGT) DAN HUBUNGAN DENGAN SIKAP BELAJAR PADA SISWA SMP NEGERI 32 SIAK KABUPATEN SIAK

TRI YUNARTI, (2012) PERBANDINGAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA ANTARA MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) DAN TIPE TEAM GAME TOURNAMENT (TGT) DAN HUBUNGAN DENGAN SIKAP BELAJAR PADA SISWA SMP NEGERI 32 SIAK KABUPATEN SIAK. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIEF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
2012_2012359.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan hasil belajar matematika pada materi pokok lingkaran antara siswa yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) dengan tipe Team Game Turnament (TGT) pada siswa kelas VIII SMP Negeri 32 SIAK dan untuk mengetahui hubungan sikap siswa terhadap hasil belajar matematika dengan di terapkannya model kooperatif tipe STAD dan TGT. Penelitian ini termasuk penelitian komparatif. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 32 SIAK Semester 2 tahun pelajaran 2011/2012. yang terdiri kelas VIII1, VIII2, dan VIII3 yang seluruhnya berjumlah 60 siswa. Sampel penelitian ini adalah kelompok STAD dari kelas VIII3 sebanyak 20 siswa dan kelompok TGT dari kelas VIII2 sebanyak 20 siswa. Jadi banyaknya sampel seluruhnya adalah 40 siswa diperoleh dengan cara analisa. Pengambilan data dalam penelitian ini mengunakan metode observasi, dokumentasi, tes, dan angket. Data yang terkumpul dari hasil tes dianalisis dengan menggunakan analisis statistik komparatif dengan analisis uji tes”t”, sedangkan data dari penyebaran angket sikap dianalisis dengan menggunakan skala sikap likert. Berdasarkan hasil analisis data, menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan model kooperatif tipe STAD dengan siswa yang menggunakan model kooperatif tipe TGT. Ini dapa dilihat dari perbedaan rata-rata hasil belajar siswa. Dimana rata-rata hasil belajar siswa sebesar 84 untuk model kooperatif tipe STAD, sedangkan untuk model kooperatif tipe TGT dengan rata-rata hasil belajar sebesar 73. Berdasarkan perbandingan to dengan tt baik pada taraf signifikan 5% maupun 1% menunjukkan bahwa to lebih besar dari tt (2,02<2,84<2,72). Sikap siswa terhadap pembelajaran matematika dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dan TGT menunjukkan sikap yang positif. Namun sikap positif siswa tidak memberikan adanya hubungan yang signifikan dengan hasil belajar yang diperoleh siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 500 Ilmu-ilmu Alam dan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Surya Elhadi
Date Deposited: 29 Jan 2016 08:39
Last Modified: 08 Sep 2016 03:36
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/2198

Actions (login required)

View Item View Item