Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA KELAS VII MADRASAH TSANAWIYAH HASANAH PEKANBARU

SETYA RAHAYU (2012) PENGARUH PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA KELAS VII MADRASAH TSANAWIYAH HASANAH PEKANBARU. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIEF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
2012_2012348.pdf

Download (492kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menelaah ada atau tidaknya pengaruh yang positif pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) terhadap kemampuan pemahaman konsep matematika siswa dan seberapa besar pengaruh pendekatan RME terhadap kemampuan pemahaman konsep matematika siswa di MTs Hasanah Pekanbaru. Dalam penelitian ini rumusan masalahnya adalah “Apakah terdapat pengaruh yang positif pendekatan RME terhadap pemahaman konsep matematika siswa?” dan “Berapa besar pengaruh pendekatan RME terhadap pemahaman konsep matematika siswa di MTs Hasanah Pekanbaru?”. Penelitian ini merupakan penelitian Quasi eksperimen dengan desain posttest-only design with nonequivalent group. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII MTs Hasanah Pekanbaru yang berjumlah 135 siswa dan objek penelitian ini adalah pemahaman konsep matematika siswa. Pengambilan data dalam penelitian ini menggunakan dokumentasi, lembar observasi, dan tes yang dilakukan setiap kali pertemuan. Dalam penelitian ini, pertemuan dilaksanakan selama tujuh kali, yaitu enam kali pertemuan dengan menggunakan pendekatan RME dan satu pertemuan lagi dilaksanakan postest. Untuk mengetahui hasil penelitian tersebut dengan menggunakan rumus tes-t dan dilanjutkan dengan uji KP. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh terlihat bahwa mean hasil postest siswa kelas eksperimen yang menggunakan pendekatan RME lebih tinggi dari mean hasil postest siswa kelas kontrol yang menggunakan pendekatan konvensional. Dimana mean kelas eksperimen 79,5 dan mean kelas kontrol 68,38. Artinya dari adanya perbedaan maka terdapat pengaruh yang positif pendekatan RME terhadap pemahaman konsep matematika siswa dan besarnya pengaruh pendekatan RME terhadap pemahaman konsep matematika siswa adalah sebesar 12,79%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 500 Ilmu-ilmu Alam dan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Surya Elhadi
Date Deposited: 29 Jan 2016 08:24
Last Modified: 29 Jan 2016 08:24
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/2195

Actions (login required)

View Item View Item