ANALISIS PENERAPAN AKUNTANSI ZAKAT, INFAK DAN SEDEKAH PADA BMT MARWAH CABANG UTAMA (JL. PEKANBARU BANGKINANG KM 34 PASAR DANAU BINGKUANG KAB. KAMPAR)

PITRI, (2017) ANALISIS PENERAPAN AKUNTANSI ZAKAT, INFAK DAN SEDEKAH PADA BMT MARWAH CABANG UTAMA (JL. PEKANBARU BANGKINANG KM 34 PASAR DANAU BINGKUANG KAB. KAMPAR). Laporan thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img] Text
1. COVER (1).pdf

Download (582kB)
[img] Text
2. PERSETUJUAN (1).pdf

Download (337kB)
[img] Text
3. ABSTRAK.pdf

Download (120kB)
[img] Text
4. KATA PENGANTAR (1).pdf

Download (247kB)
[img] Text
5. DAFTAR ISI (1).pdf

Download (205kB)
[img] Text
6. BAB I (1).pdf

Download (311kB)
[img] Text
7. BAB II (1).pdf

Download (391kB)
[img] Text
8. BAB III (1).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (859kB)
[img] Text
9. BAB IV (1).pdf

Download (276kB)
[img] Text
10. DAFTAR PUSTAKA (1).pdf

Download (333kB)

Abstract

Zakat merupakan faktor utama dalam pemerataan harta benda dikalangan umat Islam, karena Dana zakat diambil dari harta orang yang berkelebihan dan disalurkan bagi orang yang kekurangan. Sehingga sebuah lembaga amil zakat harus mempunyai sistem akuntansi zakat yang baik yaitu dengan membuat laporan keuangan yang transparan dan baik sesuai dengan PSAK No. 109 mengenai standar akuntansi zakat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan akuntansi zakat yang digunakan pada BMT MARWAH Cabang Utama. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif, yaitu menganalisis serta mendeskripsikan penerapan akuntansi terhadap laporan keuangan BMT MARWAH Cabang Utama. yang meliputi analisis terhadap Pengakuan, Pengukuran, Pengungkapan dan Pelaporannya kemudian dibandingkan dengan PSAK No. 109 tentang Akuntansi Zakat dan Infaq/ Shadaqah. Dari hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa penerapan akuntansi zakat pada BMT MARWAH Cabang Utama menggunakan metode cash basic atau basis kas yaitu pencatatan dari seluruh transaksi hanya dilakukan pada saat mengeluarkan kas dan menerima kas, sedangkan laporan keuangan yang sebaiknya diterapkan oleh para pengelola organisasi zakat mengacu kepada PSAK No. 109 tentang akuntansi zakat dan infaq/shadaqah. Akun-akun yang tercantum dalam PSAK No. 109 tentang akuntansi zakat dan infaq/shadaqah lebih terperinci dan tidak dibatasi, sesuai dengan kebutuhan akuntansi organisasi pengelola zakat. Dan Bentuk laporan keuangan yang dibuat BMT MARWAH Cabang Utama adalah, laporan sumber dan penggunaan dana dan laporan penerimaan dan penggunaan dana. pada saat ini laporan keuangannya belum menggunakan neraca. Sedangkan sebuah laporan keuangan menurut PSAK No. 109 menggunakan lima laporan keuangan yaitu: neraca, laporan sumber dan penggunaan dana, laporan perubahan asset kelolaan, laporan arus kas, dan catatan atas laporan keuangan. Kata Kunci: PSAK 109,Akuntansi Zakat dan Infaq/Shadaqah

Item Type: Thesis (Laporan)
Subjects: 600 Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan > 650 Bisnis > 657 Akuntansi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial > Akuntansi D3
Depositing User: Ms. Ernawati
Date Deposited: 05 Nov 2019 05:58
Last Modified: 05 Nov 2019 05:58
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/21942

Actions (login required)

View Item View Item