PENGARUH HARGA DALAM MENINGKATKAN JUMLAH KONSUMEN PADA USAHA BENGKEL LAS LIMA SAUDARA DI DESA PULAU LAWAS KECAMATAN BANGKINANG DITINJAU BERDASARKAN PERSPEKTIF EKONOMI SYARIAH

M. Wahyudi Saputra, - (2019) PENGARUH HARGA DALAM MENINGKATKAN JUMLAH KONSUMEN PADA USAHA BENGKEL LAS LIMA SAUDARA DI DESA PULAU LAWAS KECAMATAN BANGKINANG DITINJAU BERDASARKAN PERSPEKTIF EKONOMI SYARIAH. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version

Download (807kB)
[img] Text
GABUNGAN KECUALI BAB IV.pdf

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK M. Wahyudi Saputra (2019): Pengaruh Harga dalam Meningkatkan Jumlah Konsumen pada Usaha Bengkel Las Lima Saudara di Desa Pulau Lawas Kecamatan Bangkinang Ditinjau Berdasarkan Perspektif Ekonomi Syariah Penelitian ini dilatarbelakangi oleh teori harga mempengaruhi jumlah konsumen, namun praktek yang terjadi di lapangan semakin tinggi harga yang diberikan konsumen tetap melakukan pembelian sehingga jumlah konsumen mengalami fluktuatif. Rumusan masalah penelitian ini adalah apakah terdapat pengaruh harga dalam peningkatan jumlah konsumen pada usaha Bengkel Las Lima Saudara di Desa Pulau Lawas Kecamatan Bangkinang dan bagaimana tinjauan ekonomi syariah terhadap pengaruh harga dalam peningkatan jumlah konsumen pada usaha Bengkel Las Lima Saudara di Desa Pulau Lawas Kecamatan Bangkinang. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan yang dilakukan pada usaha Bengkel Las Lima Saudara yang terletak di jalan Peltu Saidan dusun Kampung Godang Desa Pulau Lawas Kecamatan Bangkinang Kabupaten Kampar. Pengambilan sampel pada penelitian ini dilakukan dengan metode Accidental Quota Sampling sebanyak 55 responden yang diambil berdasarkan rumus Slovin dari total populasi sebanyak 120 orang. Sedangkan teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, penyebaran kuesioner, dan dokumentasi. Penulis dalam penganalisisan data menggunakan metode deskriptif dan kuantitatif yaitu pengujian dengan menggunakan uji instrumen penelitian, uji asumsi klasik, uji hipotesis penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya pengaruh yang positif dari harga dalam peningkatan jumlah konsumen. Hal ini dapat dilihat dari hasil uji regresi linier sederhana yaitu Y = 12,562 + 0,933X. Adapun dengan menggunakan uji t dapat dilihat bahwa nilai thitung > ttabel yaitu yaitu 6,542 > 1,674 dengan nilai signifikan sebesar 0.000 < 0,05 yang berarti H0 ditolak dan Ha diterima. Jadi dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara harga terhadap peningkatan jumlah konsumen. Adapun uji R bahwa nilai koefisien determinasi model adalah 0,447 atau (44,7%). Hal ini berarti hanya 44,7% perubahan nilai variabel jumlah konsumen dipengaruhi oleh pengaruh variabel harga, dan sedangkan sisanya sebesar 55,3% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dimasukkan dalam penelitian ini. Adapun menurut tinjauan ekonomi syariah, harga tidak akan menjadi masalah yang berarti jika tidak terdapat unsur-unsur yang mencederai konsumen dan harus berlandaskan rela sama rela. Dalam hal ini usaha Bengkel Las Lima Saudara sudah mengaplikasikan nilai-nilai syariah dalam usaha yang dilakukan. Kata kunci: Harga dan Konsumen

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 360 Permasalahan dan Kesejahteraan Sosial > 362 Kesejahteraan Sosial, Permasalahan dan Layanan Sosial
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ekonomi Syari'ah
Depositing User: fasih -
Date Deposited: 05 Nov 2019 04:10
Last Modified: 05 Nov 2019 04:11
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/21917

Actions (login required)

View Item View Item