MINAT SANTRI MADRASAH ALIYAH PONDOK PESANTREN DAR-EL HIKMAH PEKANBARU DALAM MENGHAFAL AL-QUR’AN

Siti Rohania, (2011) MINAT SANTRI MADRASAH ALIYAH PONDOK PESANTREN DAR-EL HIKMAH PEKANBARU DALAM MENGHAFAL AL-QUR’AN. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2011_201115-.pdf

Download (396kB) | Preview

Abstract

Skripsi ini berjudul “ Minat Santri Madrasah Aliyah Pondok Pesantren Dar El Hikmah Dalam Menghafal Al-Qur’an”. penelitian ini dilatar belakangi oleh jumlah santri yang relatif kecil mengikuti kegiatan tahfizul Qur’an dibandingkan kegiatan lain yang ada di Pondok Pesantren Dar el hikmah. Tahizul Qur’an merupakan salah satu pelajaran yang ada di madrasah Aliyah pondok pesantren Dar el hikmah. Akan tetapi santri kurang berminat dalam belajar tahfiz, dapat dilihat dari cara belajar santri yang tidak memperhatikan pelajaran dan sering keluar masuk. Serta kehadiran santri semakin hari semakin berkurang. Penelitian ini mempunyai rumusan permasalahan tentang bagaimana minat santri Madrasah Aliyah Pondok Pesantren Dar El Hikmah dalam menghafal al-Qur’an dan Apa faktor-faktor yang mempengaruhi minat santri dalam menghafal al-Qur’an. Skripsi ini adalah penelitian lapangan yang dilakukan di Pondok Pesantren Dar El Hikmah Pekanbaru beralamat di Jl. Manyar Sakti km 12 Kecamatan Tampan kotamadya Pekanbaru. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui minat santri Madrasah Aliyah pondok pesantren Dar El hikmah dalam menghafal al-Qur’an, dan faktor yang mempengaruhi minat santri pondok pesantern dar-el hikmah pekanbaru dalam menghafal al-Qur’an. Dalam penelitian ini yang menjadi populasi adalah santri Madrasah Aliyah pondok pesantren Dar-El Hikmah Pekanbaru yang berjumlah 400 orang. Dari jumlah tersebut peneliti mengambil sampel sebesar 50 %. Adapun metode pengambilan sampel berdasarkan teknik Stratifiet Random Sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dokumentasi, angket. Sumber data yang penulis gunakan adalah data primer yaitu data yang diperoleh langsung dari pondok pesantren Dar El- Hikmah pekanbaru dan santri madrasah aliyah pondok pesantren dar el- hikmah pekanbaru, data sekunder yaitu data yang diperoleh dari buku-buku referensi Dalam mengumpulkan data ini penulis berusaha menjawab permasalahan permasalahan tersebut, dengan menggunakan metode angket, observasi dan dokumentasi wawancara.dengan metode tersebut untuk mengetahui sangat tinggi, tinggi, sedang, rendah, dan sangat rendah nya minat santri maka penulis mengukurnya dengan prosentase yakni: 85-100% sangat tinggi, 71-85% tinggi, 61-75% sedang 50-65% rendah, 0-50% sangat rendah. Dari data yang penulis peroleh ternyata minat santri dikategorikan rendah. Karena 40 % dari jumlah santri yang dijadikan sampel rendah minat nya dalam menghafal al- Qur’an. dikarenakan berbagai faktor: - faktor kurangnya perhatian dan penghargaan dari majlis guru terhadap santri yang berprestasi dalam menghafal al- Qur’an. - faktor lingkungan sekolah maupun asrama yang kurang mendukung bagi santri dalam menghafal al-Qur’an. - faktor jadwal pelajaran yang berubah-ubah membuat santri kehilangan konsentrasi dalam menghafal al-Qur’an. - Faktor dari ruangan belajar yang tidak nyaman sehingg membuat santri kurang nyaman dalam belajar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 200 Agama > 290 Agama Selain Kristen > 297 Islam > 297.1 Sumber-sumber Agama Islam, Kitab Suci Agama Islam > 297.1226 Tafsir Al-Qur'an, Ilmu Tafsir
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Ilmu Alqur'an dan Tafsir
Depositing User: eva sartika
Date Deposited: 29 Dec 2015 04:18
Last Modified: 29 Dec 2015 04:18
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/219

Actions (login required)

View Item View Item