PENGARUH PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED INSTRUCTION (PBI) DALAM PENDEKATAN APTITUDE TREATMENT INTERACTION (ATI) TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 1 TEMBILAHAN KABUPATEN INDRAGIRI HILIR

DEFI,, (2012) PENGARUH PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED INSTRUCTION (PBI) DALAM PENDEKATAN APTITUDE TREATMENT INTERACTION (ATI) TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 1 TEMBILAHAN KABUPATEN INDRAGIRI HILIR. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIEF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
2012_2012310.pdf

Download (836kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh dan berapa besar pengaruh tersebut terhadap hasil belajar matematika siswa yang belajar menggunakan model Problem Based Instruction (PBI) dalam pendekatan Aptitude Treatment Interaction (ATI) dengan siswa yang belajar menggunakan pendekatan Aptitude Treatment Interaction (ATI). Rumusan masalah dalam penelitian adalah “Apakah terdapat pengaruh penerapan model PBI dalam pendekatan ATI terhadap hasil belajar matematika siswa?” dan “Berapa besar pengaruh penerapan model PBI dalam pendekatan ATI terhadap hasil belajar matematika siswa?”. Penelitian ini adalah penelitian Quasi Eksperimen dan desain yang digunakan adalah Posttest-only Design with Nonequivalent Group. Dalam penelitian, guru yang berperan langsung dalam proses pembelajaran dan peneliti sebagai observer. Subjek dalam penelitian adalah siswa kelas VIII SMP N 1 Tembilahan Kabupaten Indragiri Hilir yang berjumlah 46 orang. Objek dalam penelitian ini adalah hasil belajar matematika siswa. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan dokumentasi, observasi dan tes. Dimana, pertemuan dilaksanakan selama delapan kali, yaitu enam kali pertemuan dilaksanakan pembelajaran dengan menggunakan model PBI dalam pendekatan ATI, satu kali pertemuan tes IQ siswa dan satu mengadakan postes. Untuk mengetahui hasil penelitian, hasil tes belajar dilakukan uji tes-t. Sedangkan besaran pengaruh pada pembelajaran model PBI dalam pendekatan ATI dihitung dengan Kp. Berdasarkan hasil analisis data tersebut, diambil kesimpulan bahwa model PBI dalam pendekatan ATI memberikan pengaruh kepada siswa berkemampuan tinggi sebesar 36,73%, siswa berkemampuan sedang sebesar 43,54%, dan siswa berkemampuan rendah sebesar 57,96%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 500 Ilmu-ilmu Alam dan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Surya Elhadi
Date Deposited: 29 Jan 2016 07:49
Last Modified: 29 Jan 2016 07:49
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/2189

Actions (login required)

View Item View Item