Analisa Penerapan Good Manufacturing Practices (GMP) dan Sanitation Standard Operating Practices (SSOP) Produk Roti (Studi Kasus: M bakery and cake)

Siti Rahmadhani Rizki, - (2019) Analisa Penerapan Good Manufacturing Practices (GMP) dan Sanitation Standard Operating Practices (SSOP) Produk Roti (Studi Kasus: M bakery and cake). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img] Text
GABUNGAN.pdf

Download (6MB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Kebutuhan manusia akan pangan setiap hari terus meningkat, salah satunya disebabkan oleh banyak produk olahan makanan yang bermunculan. Seiring peningkatan keanekaragaman olahan makanan yang semakin tinggi, apabila tidak diiringi dengan kualitas pangan yang baik, maka dapat menyebabkan keracunan makanan dan menimbulkan berbagai penyakit. Sehingga, salah satu kriteria untuk melihat makanan tersebut aman adalah dengan adanya label dari Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM). Salah satu cara untuk menarik perhatian konsumen adalah dengan memastikan bahwa makanan yang diproduksi aman bagi kesehatan dengan jaminan kebersihannya. Banyak faktor yang dapat menyebabkan suatu makanan tidak aman untuk dikonsumsi, salah satunya akibat terkontaminasi. Salah satu bisnis pangan yang memiliki prospek yang menjanjikan bagi pemiliknya adalah di bidang bakery dan cake. Bakery dan cake dapat dijadikan makanan pokok selain nasi. Berdasarkan hasil observasi di M bakery and cake terdapat beberapa penyimpangan yang dapat mengakibatkan produk terkontaminasi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memberikan rekomendasi perbaikan terkait penerapan GMP dan SSOP. Berdasarkan hasil perhitungan, tingkat penerapan GMP yang sesuai sebesar 56,6% dan yang tidak sesuai sebesar 43,4%. Sedangkan untuk penerapan SSOP belum berjalan dengan baik seperti pada keamanan air, pencegahan kontaminasi silang, pelabelan, penghilangan hama.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Teknik Industri
Depositing User: fsains -
Date Deposited: 04 Nov 2019 08:27
Last Modified: 04 Nov 2019 08:27
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/21881

Actions (login required)

View Item View Item