M. Kamal( (2012) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARN KOOPERATIF TIPE JIGSAW IIDENGAN MODEL PEMBELAJARANSEARCH SOLVE CREATE AND SHARE (SSCS) TERHADAPHASIL BELAJARMATEMATIKASISWAKELASVIII MTsNURULHIDAYAHSUNGAI SALAK KECAMATAN TEMPULING KABUPATENINDRAGIRI HILIR. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIEF KASIM RIAU.
|
Text
2012_2012306.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji ada atau tidaknya pengaruh yang positifpada penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw II dengan Model Pembelajaran Search Solve Create And Share (SSCS)terhadap hasil belajar matematika siswa dan mengetahui seberapa besar pengaruhnya.Dalam penelitian ini rumusan masalahnya adalah “Apakah terdapat pengaruh yang positifpenerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw II dengan Model Pembelajaran Search Solve Create and Share (SSCS) terhadap hasil belajar matematika siswa?. Dan seberapa besar pengaruh penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw II dengan Model Pembelajaran Search Solve Create and Share (SSCS) terhadap hasil belajar matematika siswa?.” Penelitian ini merupakan penelitian Quasi Eksperimen dan desain yang digunakan adalah Posttest-Only Design With Nonequivalen Group. Dalampenelitianini,peneliti berperansebagaiobserverdalam proses pembelajaran. Subjek dalampenelitianiniadalahsiswakelasVIII MTs Nurul Hidayah Sungai Salak dan objek dalam penelitian ini adalah hasil belajar siswa. Pengambilan data dalam penelitian ini menggunakan dokumentasi, lembar observasi, dan tes hasil.Dalam penelitian ini, pertemuan dilaksanakan selama enam kali, yaitu lima kali pertemuan menerapkanModelPembelajaranKooperatifTipe Jigsaw IIDengan Model PembelajaranSearch Solve Create And Share (SSCS) dan satu pertemuan lagi dilaksanakan posttest. Untuk mengetahui hasil penelitian tersebut digunakanrumus tes-t.Sedangkan untuk mengetahui besarnya pengaruh penerapanModelPembelajaranKooperatifTipe Jigsaw IIdengan Model PembelajaranSearch Solve Create And Share (SSCS) menggunakan Kp. Berdasarkan hasil analisis data tersebut, diambil kesimpulan bahwa penerapan ModelPembelajaranKooperatifTipe Jigsaw IIDengan Model PembelajaranSearch Solve Create And Share (SSCS)memberikan pengaruh yang positif terhadap hasil belajar matematika siswa sebesar 17.58%
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 500 Ilmu-ilmu Alam dan Matematika |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Surya Elhadi |
Date Deposited: | 29 Jan 2016 05:35 |
Last Modified: | 29 Jan 2016 05:35 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/2188 |
Actions (login required)
View Item |