UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN BERORIENTASI PADA AKTIVITAS SISWA (PBAS) DENGAN METODE BUZZ GROUP SISWA KELAS VIII MTS MATHLABUL ULUM TAPUNG

Siti Arifah Aryani, (2012) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN BERORIENTASI PADA AKTIVITAS SISWA (PBAS) DENGAN METODE BUZZ GROUP SISWA KELAS VIII MTS MATHLABUL ULUM TAPUNG. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIEF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
2012_2012303.pdf

Download (449kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika melalui penerapan Strategi Pembelajaran Berorientasi Pada Aktivitas Siswa (PBAS) Dengan Metode Buzz Group Siswa Kelas VIII MTs Mathlabul Ulum Tapung. Di mana penelitian yang dilakukan merupakan penelitian tindakan kelas, yaitu suatu penelitian praktis yang bertujuan untuk memperbaiki kekurangankekurangan dalam pembelajaran di kelas, salah satunya yaitu meningkatkan hasil belajar matematika siswa dengan cara melakukan tindakan-tindakan tertentu agar dapat memperbaiki dan meningkatkan praktik-praktik pembelajaran di kelas secara lebih profesional. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII MTs Mathlabul Ulum pada semester genap tahun ajaran 2008/2009. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi yang dilakukan oleh guru bidang studi Matematika. Observasi dilakukan sebanyak 3 kali pertemuan dengan 3 kali tindakan dengan menerapkan Strategi Pembelajaran Berorientasi Pada Aktivitas Siswa (PBAS) Dengan Metode Buzz Group. Dokumentasi dilakukan untuk mengetahui keadaan sekolah, guru dan siswa. Data tentang hasil belajar siswa diperoleh melalui lembar tes hasil belajar matematika siswa sebelum tindakan dan sesudah tindakan. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini analisis deskriptif, berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa ada peningkatan hasil belajar matematika melalui penerapan Strategi Pembelajaran Berorientasi Pada Aktivitas Siswa (PBAS) Dengan Metode Buzz Group. Ini dapat dilihat dari peningkatan hasil belajar siswa yaitu pada pertemuan sebelum tindakan rataratanya 58,75, sedangkan rata-rata setelah penerapan Strategi Pembelajaran Berorientasi Pada Aktivitas Siswa (PBAS) Dengan Metode Buzz Gr

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 500 Ilmu-ilmu Alam dan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Surya Elhadi
Date Deposited: 29 Jan 2016 05:27
Last Modified: 29 Jan 2016 05:27
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/2187

Actions (login required)

View Item View Item