STUDI KOMPERATIF KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN INVESTIGASI KELOMPOK DAN PEMBELAJARAN KONVENSIONAL SISWA MADRASAH ALIYAH DARUL HIKMAH PEKANBARU

Rizki Armando Siregar,, (2012) STUDI KOMPERATIF KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN INVESTIGASI KELOMPOK DAN PEMBELAJARAN KONVENSIONAL SISWA MADRASAH ALIYAH DARUL HIKMAH PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2012_2012282.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya perbedaan pemecahan masalah yang signifikan pada siswa kelas X Madrasah Aliyah Darul hikmah pekanbaru. Dalam Penelitian ini rumusan masalah “Apakah terdapat perbedaan signifikan antara kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang menggunakan Model Pembelajaran Investigasi Kelompok dengan siswa yang menggunakan pembelajaran biasa?”. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen, Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X Madrasah Aliyah Darul Hikmah Pekanbaru yang berjumlah 68 siswa, sedangkan objek dari penelitian ini adalah pemecahan masalah matematika siswa melalui pembelajaran investigasi kelompok. Tekhnik pengambilan data menggunakan dokumentasi, observasi dan tes. Tes dipergunakan untuk melihat ada atau tidaknya perbedaan pemecahan masalah siswa melalui hasil belajar yang signifikan model pembelajaran investigasi kelompok jika dibandingkan dengan pembelajaran tanpa model pembelajaran investigasi kelompok, Selanjutnya tes dianalis dengan menggunakan tes’t’. Analisis data hasil belajar menunjukkan perbedaan pemecahan masalah pada kelas eksperimen dan kelas kontrol, hal ini dapat dilihat dari mean kedua kelas, pada kelas eksperimen diperoleh mean 69,64, dan pada kelas kontrol diperoleh mean 62,93 Berdasarkan hasil penelitian dan analisis percobaan, diperoleh kesimpulan bahwa dengan pembelajaran investigasi kelompok dapat menimbulkan perbedaan pemecahan masalah yang lebih baik pada pokok bahasan persamaan kuadrat jika dibandingkan dengan pembelajaran tanpa model pembelajaran investigasi kelompok.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 500 Ilmu-ilmu Alam dan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Surya Elhadi
Date Deposited: 29 Jan 2016 05:18
Last Modified: 08 Sep 2016 04:24
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/2185

Actions (login required)

View Item View Item