Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH KETERSEDIAAN SARANA PRASARANA DAN PERAN GURU TERHADAP PELAKSANAAN PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER DI SMP PILOT PROJECT PPK PEKANBARU

Oka Mutiara, - (2019) PENGARUH KETERSEDIAAN SARANA PRASARANA DAN PERAN GURU TERHADAP PELAKSANAAN PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER DI SMP PILOT PROJECT PPK PEKANBARU. Thesis thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
oka mutiara ok.pdf

Download (7MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
17. BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (990kB)

Abstract

Program Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) bertujuan untuk memperkuat pembentukan karakter siswa yang selama ini sudah dilakukan di SMP Pilot Project PPK. Pelaksanaan Program Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) diduga sangat dipengaruhi oleh ketersediaan sarana prasarana serta peran guru untuk mendukung pembentukan karakter yang ingin dicapai sesuai kurikulum yang sudah ditetapkan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh ketersediaan sarana prasarana terhadap pelaksanaan penguatan pendidikan karakter (PPK) dan pengaruh peran guru terhadap Pelaksanaan Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) di SMP Pilot Project PPK Pekanbaru. Penelitian ini merupakan penelitian korelasi dengan pendekatan kuantitatif. Jumlah populasinya adalah 103 orang dengan teknik pengambilan sampel Sampling jenuh (Sensus). Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Teknilk analisis data menggunakan regresi linear dengan bantuan SPSS 21.0. Hasil analisis menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif yang signifikan dari variabel X1 (ketersediaan sarana prasarana) terhadap Y1 (pelaksanaan pendidikan karakter) di SMP Pilot Project PPK Pekanbaru sebesar 71,6 %. Nilai signifikansi 0,000 < 0,05 yang menunjukkan Ha diterima dan H0 ditolak. Hasil analisis selanjutnya juga menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif yang signifikan dari variabel X2 (Peran Guru) terhadap Y1 (Pelaksanaan Penguatan Pendidikan Karakter) di SMP Pilot Project PPK Pekanbaru sebesar 61,6%. Nilai signifikansi 0,000 < 0,05 menunjukkan bahwa Ha diterima dan H0 ditolak. Kata Kunci: Ketersediaan, Sarana Prasarana, Peran Guru, Pendidikan Karakter

Item Type: Thesis (Thesis)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.236 Sekolah Menengah Pertama, SMP
Divisions: Program Pascasarjana > S2 > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: pps -
Date Deposited: 11 Nov 2019 02:39
Last Modified: 11 Nov 2019 02:40
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/21847

Actions (login required)

View Item View Item