Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGUKURAN KINERJA SUMBER DAYA MANUSIA MENGGUNAKAN METODE HUMAN RESOURCES SCORECARD (HRSC) DAN ANALYTICAL HIERARCHY PROCESS (AHP) DI CV. SISPRA JAYA LOGAM

NORA ALFINA, - (2019) PENGUKURAN KINERJA SUMBER DAYA MANUSIA MENGGUNAKAN METODE HUMAN RESOURCES SCORECARD (HRSC) DAN ANALYTICAL HIERARCHY PROCESS (AHP) DI CV. SISPRA JAYA LOGAM. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
PDF FIX SKRIPSI NORA.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

CV. Sispra Jaya Logam merupakan perusahaan yang bergerak di bidang industri pengecoran logam. Permasalahan yang dihadapi oleh perusahaan ini adalah belum dilakukannya pengukuran kinerja sumber daya manusia dan terdapat beberapa kinerja karyawan yang dapat mempengaruhi kinerja perusahaan seperti masih ada karyawan yang kurang disiplin dalam bekerja, terlambat dan absen lebih dari hari yang ditentukan. Selain itu, meningkatnya jumlah karyawan yang keluar (resign) dan tidak terlaksananya pelatihan karyawan yang telah direncanakan pada Tahun 2018. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui indikator penilaian kinerja sumber daya manusia, mengetahui bobot prioritas, dan mengukur kinerja sumber daya manusia menggunakan metode Human Resources Scorecard (HRSC) dan Analythical Hierarchy Process (AHP). Berdasarkan hasil penyebaran kuesioner penilaian menggunakan Skala Likert yang mengacu pada empat perspektif dalam metode HRSC yaitu perspektif financial, customer, proses bisnis internal, dan pembelajaran dan pertumbuhan, maka diperoleh 11 sasaran strategis dan menghasilkan 12 indikator penilaian kinerja. Selanjutnya dilakukan pembobotan menggunakan metode AHP untuk mengetahui bobot prioritas pada setiap kriteria dan sub kriteria dari keempat perspektif. Pengukuran kinerja sumber daya manusia terhadap pencapaian target perusahaan menggunakan Traffic Light System menghasilkan 4 indikator kinerja belum mencapai target, 4 indikator jauh di bawah target dan 3 indikator sudah mencapai target. Oleh karena itu, diperlukan usulan perbaikan berupa upaya peningkatan kinerja secara terus menerus dimasa yang akan datang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 302 Interaksi Sosial, Hubungan Antarpersonal
600 Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Teknik Industri
Depositing User: fsains -
Date Deposited: 31 Oct 2019 08:09
Last Modified: 31 Oct 2019 08:15
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/21828

Actions (login required)

View Item View Item