PENGARUH VARIASI GAYA MENGAJAR GURU FIKIH TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA DI MADRASAH ALIYAH ISLAMIC CENTER AL-HIDAYAH KAMPAR

DITA ANGRAINI, - (2019) PENGARUH VARIASI GAYA MENGAJAR GURU FIKIH TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA DI MADRASAH ALIYAH ISLAMIC CENTER AL-HIDAYAH KAMPAR. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text
GABUNGAN.pdf

Download (7MB)
[img] Text
BAB IV PEMBAHASAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh gejala yang menunjukkan tidak adanya pengaruh variasi gaya mengajar guru fikih terhadap motivasi belajar siswa. Penelitian ini terdiri dari dua variabel, yaitu variasi gaya mengajar guru sebagai variabel X ( variabel bebas/independen) dan motivasi belajar siswa sebagai variabel Y (variabel terikat/dependen). Penelitian ini bertujuan untuk apakah ada pengaruh yang signifikan variasi gaya mengajar guru fikih terhadap motivasi belajar siswa di Madrasah Aliyah Islamic Center Al-Hidayah Kampar. Jenis penelitian ini adalah korelasi. Subjek penelitian ini adalah siswa, objeknya variasi gaya mengejar guru fikih dan motivasi belajar siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI (103 siswa) Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI yang berjumlah 51 orang. Teknik pengambilan sampel data menggunakan purpossive sampling. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket dan dokumentasi. Teknis analisis datanya menggunakan korelasi product moment. Berdasarkan pengolahan data tersebut diketahui terdapat pengaruh yang signifikan variasi gaya mengajar guru fikih terhadap motivasi belajar siswa sebesar 0,505 pada taraf signifikan 5% = 0, 288 maupun pada taraf signifikan 1% = 0, 372. Ini berarti r hitung lebih besar dari r tabel dan dapat digambarkan sebagai berikut 0, 288<0, 505>0, 372. Dengan demikian Ho ditolak dan Ha diterima. Hal ini berarti bahwa ada pengaruh yang signifikan variasi gaya mengajar guru fikih terhadap motivasi belajar siswa di Madrasah Aliyah Islamic Center Al-Hidayah Kampar. Sedangkan koefesien determinannya sebesar 0, 302. Kontribusi pengaruh variasi gaya mengajar guru fikih terhadap motivasi belajar siswa sebesar 30,2% selebuhnya ditentukan variabel lain.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.238 Sekolah Menengah Atas, SMA
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 31 Oct 2019 06:45
Last Modified: 31 Oct 2019 06:48
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/21823

Actions (login required)

View Item View Item