Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PELAKSANAAN ZAKAT HASIL PERKEBUNAN JAMBU CITRA MENURUT PERSPEKTIF HUKUM ISLAM (STUDI KASUS DI DESA TAMBANG KECAMATAN TAMBANG KABUPATEN KAMPAR)

EIDN IQBAL AHMAD, - (2019) PELAKSANAAN ZAKAT HASIL PERKEBUNAN JAMBU CITRA MENURUT PERSPEKTIF HUKUM ISLAM (STUDI KASUS DI DESA TAMBANG KECAMATAN TAMBANG KABUPATEN KAMPAR). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI GABUNGAN.pdf

Download (6MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV BARU.pdf

Download (560kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi ini berjudul: “PELAKSANAAN ZAKAT HASIL PERKEBUNAN JAMBU CITRA MENURUT PERSPEKTIF HUKUM ISLAM (STUDI KASUS DI DESA TAMBANG KECAMATAN TAMBANG KABUPATEN KAMPAR)” Adapun penulisan skripsi ini dilatar belakangi oleh pelaksanaan perhitungan zakat hasil perkebunan jambu citra masyarakat Desa Tambang yang tidak sesuai dengan ketentuan hukum Islam. Hasil dari perkebunan jambu citra yang didapat masyarakat Desa Tambang Kecamatan Tambang Kabupaten Kampar cukup baik, dalam satu kali penen mereka mendapat minimal Rp. 25.000.000 (dua puluh lima juta rupiah). Sedangkan masyarakat memanen hasil perkebunan jambu citra sebanyak 3 kali panen dalam satu tahun. Akan tetapi masyarakat Desa Tambang mengeluarkan zakat hasil perkebunan jambu citra tidak pada keseluruhan panen dalam satu tahun, melainkan hanya membayarkan zakat satu kali panen saja di ujung tahun dengan mengabaikan 2 kali panen yang lainnya. Hal ini telah menjadi kebiasaan masyarakat yang telah berlaku sejak dahulu. Dalam penulisan skripsi ini, penulis mengangkat beberapa pokok permasalahan yakni: Bagaimana pelaksanaan zakat hasil perkebunan jambu citra di Desa Tambang? dan bangaimana tinjauan hukum Islam terhadap pelaksanaa zakat hasil perkebunan jambu citra Desa Tambang? Adapaun Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan zakat hasil perkebunan jambu citra di Desa Tambang, dan tinjauan hukum Islam terhadap pelaksanaan zakat hasil perkebunan jambu citra Desa Tambang. Penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) yang berlokasi di Desa Tambang Kecamatan Tambang Kabupaten Kampar. Adapun metode pengumpulan data dalam penelitiana ini adalah melalui wawancara, observasi, dokumentasi, dan studi pustaka. Sebagai data primer yang dihimpun dari masyarakat. Sedangkan data sekunder adalah data yang diperoleh dari pihak yang terkait, buku-buku atau kitab-kitab pustaka yang dapat membantu penelitian ini guna untuk melengkapi data-data, alim ulama dan cerdik pandai di masyarakat Desa Tambang Kecamatan Tambang Kabupaten Kampar. Setelah data diperoleh, lalu dianalisa dengan menggunakan teknik deskriptif analitik. Setelah diketahuipelaksanaan zakat tersebut maka penilis meninjau dengan pandagan hukum Islam dengan menampilkan nash-nash Al-Qur’an mempertegas menarik kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan zakat hasil perkebunan jambu citra di Desa Tambang Kecamatan Tambang Kabupaten Kampar yang tidak menjumlahkan seluruh hasil panen dalam satu tahun, merupakan perbuatan yang tidak sesuai dengan ketentuan syariat Islam yang mendapat ancaman kelak di akhirat karena dengan tidak di keluarkannya zakat yang sesuai dengan ketentuan yang ada, berarti mereka telah memakan harta yang bukan hak mereka. Kata Kunci: Pelaksanaan Zakat Hasil Perkebunan Jambu Citra

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 200 Agama > 290 Agama Selain Kristen > 297 Islam
200 Agama
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Keluarga (Ahwal Al-Syakhsiyah)
Depositing User: fasih -
Date Deposited: 31 Oct 2019 06:36
Last Modified: 31 Oct 2019 06:41
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/21822

Actions (login required)

View Item View Item