Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PERAN CUSTOMER SERVICE DALAM MENINGKATKAN JUMLAH NASABAH TABUNGAN QURBAN iB PADA PT.BANK TABUNGAN NEGARA KANTOR CABANG SYARIAH PEKANBARU

Rini Gustina, - (2019) PERAN CUSTOMER SERVICE DALAM MENINGKATKAN JUMLAH NASABAH TABUNGAN QURBAN iB PADA PT.BANK TABUNGAN NEGARA KANTOR CABANG SYARIAH PEKANBARU. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
LAPORAN.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (254kB)

Abstract

ABSTRAK Rini Gustina (2019) : Peran Customer Service dalam Meningkatkan Jumlah Nasabah Tabungan Qurban iB Pada PT.Bank Tabungan Negara Kantor Cabang Syariah Pekanbaru Penelitian ini di latarbelakangi oleh peningkatan jumlah nasabah produk dana yaitu Tabungan Qurban iB yang disediakan oleh PT. Bank Tabungan Negara Kantor Cabang Syariah Pekanbaru. Tabungan ini untuk mewujudkan niat ibadah qurban dengan akad Mudharabah Mutlaqah berfungsi untuk membantu masyarakat yang ingin melaksanakan ibadah qurban pada hari raya idul adha dengan cara menabung yang dimulai pada tahun 2016. Jumlah nasabah tabungan qurban dalam tiga tahun terakhir terus meningkat dengan jumlah 2.766 nasabah. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui peran customer service dalam meningkatkan jumlah nasabah tabungan qurban dan menganalisa peran customer service dalam melayani nasabah tabungan qurban pada Bank Tabungan Negara Kantor Cabang Syariah Pekanbaru. Metodologi penelitian menggunakan metode deskriptif dengan menggunakan analisa data metode deskriptif kualitatif. Adapun populasi dalam penelitian ini adalah Deputy Branch Manager Business dan Customer Service yang berjumlah 4 (empat) orang. Sampel dalam penelitian ini diambil dengan menggunakan Total Sampling, dimana seluruh populasi dijadikan sampel yaitu sebanyak empat orang. Hasil penelitian yang dilakukan di Bank Tabungan Negara Kantor Cabang Syariah Pekanbaru ini mengenai peran customer service dalam meningkatkan jumlah nasabah tabungan qurban yang pertama, customer service berperan sebagai salesman yang dapat mempromosikan produk tabungan qurban kepada nasabah. Kedua, customer service melakukan pelayanan yang baik kepada nasabah dan dapat meyakinkan nasabah. Ketiga, customer service menjadi pusat informasi bagi nasabah yang belum mengetahui tentang produk tabungan qurban. Peran customer service dalam melayani nasabah tabungan qurban yaitu mampu melayani nasabah dengan cepat dan tepat, mengenali apa yang menjadi kebutuhan bagi nasabah dan selalu menyampaikan informasi dengan sikap yang baik, membantu nasabah dalam proses pembukaan dan penutupan rekening. Kata Kunci : Customer Service, Nasabah, Tabungan Qurban.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 330 Ilmu Ekonomi > 332.1 Bank, Perbankan
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Perbankan Syari'ah
Depositing User: fasih -
Date Deposited: 01 Nov 2019 03:40
Last Modified: 01 Nov 2019 03:43
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/21818

Actions (login required)

View Item View Item