Strategi Bauran Pemasaran Pada Usaha Ukiran Kayu Budaya Melayu Cipta Baru Rimbo Panjang Kabupaten Kampar Ditinjau Dari Ekonomi Syariah

Ilham Hasmi, - (2019) Strategi Bauran Pemasaran Pada Usaha Ukiran Kayu Budaya Melayu Cipta Baru Rimbo Panjang Kabupaten Kampar Ditinjau Dari Ekonomi Syariah. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (663kB)
[img] Text
GABUNGAN.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh semakin menurunnya kesadaran masyarakat untuk menggunakan seni ukir Melayu karena zaman yang sudah moderen sehingga berdampak kepada pengrajin seni ukir melayu, yang mana pengrajin ukir melayu ini semakin berkurang. Sehingga dibutuhkan adanya strategi untuk bisa bertahan dan meningkatkan omset penjualan dari ukiran melayu Cipta Baru ini oleh karena itu rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana strategi bauran pemasaran pada usaha ukiran kayu budaya Melayu Cipta Baru Rimbo Panjang Kabupaten Kampar dan bagaimana tinjauan ekonomi syariah terhadap strategi bauran pemasaran pada usaha ukiran kayu budaya Melayu Cipta Baru Rimbo Panjang Kabupaten Kampar. Penelitian ini menggunakan metode penulisan deduktif, dan menggunakan teknik analisis deskriptif lalu diinterpretasikan sebagai hasil analisa kualitatif. Lokasi penelitian di jalan raya Pekanbaru – Bangkinang Km 16 Desa Rimbo Panjang Kabupaten Kampar. Dengan populasi terdiri dari 3 orang, dimana 2 orang tersebut adalah karyawan dan 1 pemilik, dari pemilik usaha seni ukir Cipta Baru sebagai informan kunci. Dan teknik pengumpulan data penelitian adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data dari penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Strategi bauran pemasaran yang dilakukan oleh usaha seni ukir Cipta Baru dalam mempertahankan usahanya menggunakan strategi 4P yaitu (1) produk (product) dimana produk yang dihasilkan bersifat tahan lama dan sangat bermanfaat untuk estetika yang ada pada bangunan rumah, sekolah dan perkantoran, dan strategi produk yang dilakukan dari bahan dasar kayu di inovasi dengan menggunakan bahan dasar Glassfiber Reinforced Cemen (GRC),(2) strategi harga (Price) dilakukan dengan memberikan potongan harga sebesar 5% kepada pemesan yang melakukan pemesanan dengan jumlah banyak (3) strategi distribusi (place) dengan cara mendistribusikan barang langsung ketempat tujuan tanpa ada biaya untuk wilayah Pekanbaru dan sekitarnya, (4) strategi promosi (promotion) yang dilakukan dengan cara advertising dalam bentuk foto di upload melalui media sosial dan display di depan toko,dan strategi (WOM). Ditinjau dari ekonomi syariah usaha Cipta Baru telah sesuai dengan nilai-nilai syariah, produk yang dibuat menggunakan bahan baku yang halal, dan penyeleseiannya tepat waktu dan tidak membuat produk yang bentuknya bertentangan dengan nilai syariah seperti membuat ukiran patung Budha dan Naga dll. Strategi harga memberikan harga yang terjangkau, dalam strategi distribusi dalam mengantarkan produknya mengutamakan disiplin dan tidak pernah terlambat, dan dalam strategi promosi melalui (WOM) dan pernyataan yang disampaikan sesuai dengan barang yang sesungguhnya. Kata Kunci: Bauran Pemasaran, Seni Ukir, Konsumen

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 600 Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan > 650 Bisnis
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ekonomi Syari'ah
Depositing User: fasih -
Date Deposited: 31 Oct 2019 03:48
Last Modified: 31 Oct 2019 03:53
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/21800

Actions (login required)

View Item View Item