PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE KANCING GEMERINCING UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR MATEMATIKA KELAS VIII MTs HIDAYATUL MUTA’ALLIM DESA MENGKIRAU KECAMATAN MERBAU KABUPATEN BENGKALIS

TURMAN, (2012) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE KANCING GEMERINCING UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR MATEMATIKA KELAS VIII MTs HIDAYATUL MUTA’ALLIM DESA MENGKIRAU KECAMATAN MERBAU KABUPATEN BENGKALIS. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIEF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
2012_2012233.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Pembelajaran Tipe Kancing Gemerincing merupakan pembelajaran untuk memperoleh suatu pengetahuan dan menguasai pelajaran dengan cara menyenangkan dan mengembangkan afektif dan psikomotorik siswa sehingga siswa berperan aktif dalam proses pembelajaran serta dapat meningkatkan aktivitas belajar. Tujuan dari penelitian ini adalah “Untuk Mengetahui Apakah Dengan Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Kancing Gemerincng Dapat Meningkatkan Aktivitas Belajar Matematika Kelas VIII MadrasahTsanawiyah Hidayatul Muta’allim Desa Mengkirau Kecamatan Merbau Kabupaten Bengkalis”. Adapun perumusan masalahnya “Apakah Dengan Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Kancing Gemerincng Dapat Meningkatkan Aktivitas Belajar Matematika Kelas VIII Madrasah Tsanawiyah Hidayatul Muta’allim Desa Mengkirau Kecamatan Merbau Kabupaten Bengkalis?”. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yaitu pendidik yang berperan langsung dalam proses belajar mengajar. Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas VIII, sedangkan objeknya adalah Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Kancing Gemerincng dan Aktivitas Belajar Matematika Siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan mengisi lembar observasi sesuai indikator yang telah diterapkan dan peneliti menerapakan pembelajaran tipe kancing gemerincing dan pengamat mengamati perkembangan aktivitas siswa dengan mengisi lembaran observasi. Adapun hasil indikator aktivitas siswa pada pembelajaran matematika peserta didik sebelum dan sesudah tindakan dengan menggunakan teknik persentase. Sebelum tindakan aktivitas siswa 49% dan setelah adanya tindakan terjadi peningkatan aktivitas siswa menjadi 78,9% Berdasarkan hasil analisis data observasi sebelum dan sesudah tindakan sehingga dapat diambil keputusan bahwa Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Kancing Gemerincing Dapat Meningkatkan Aktivitas Belajar Matematika Kelas VIII Madrasah Tsanawiyah Hidayatul Muta’allim Desa Mengkirau Kecamatan Merbau Kabupaten Bengkalis.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 500 Ilmu-ilmu Alam dan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Surya Elhadi
Date Deposited: 29 Jan 2016 04:54
Last Modified: 29 Jan 2016 04:54
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/2180

Actions (login required)

View Item View Item