STUDI HADIS TENTANG LIMA BELAS PERKARA YANG MENDATANGKAN BENCANA (KAJIAN TAKHRIJ AL-HADITS)

Busri Mustofa, (2011) STUDI HADIS TENTANG LIMA BELAS PERKARA YANG MENDATANGKAN BENCANA (KAJIAN TAKHRIJ AL-HADITS). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2011_201111.pdf

Download (468kB) | Preview

Abstract

Skripsi ini berjudul; “Studi Kualitas Hadis Tentang Perkara Yang Mendatangkan Bencana (Kajian Takhrij Al-Hadits)”. Menurut hemat penulis, tema ini dipandang krusial, karena akhir-akhir ini kita menyaksikan berbagai macam bencana yang melanda negeri ini. Semua itu tidak akan terjadi melainkan ada sebab musababnya. Dalam al-Qur’an Allah telah menjelaskan bahwa semua itu terjadi akibat ulah tangan manusia, Ada teks hadis yang menjelaskan tentang perkara perkara yang mendatangkan bencana. Oleh karena itu hadis tersebut haruslah bersifat shahih untuk dapat menjelaskan mkasud dari ayat al-Qur’an tersebut. Dengan demikian penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas hadis yang akan diteliti tersebut, baik segi sanad maupun matan serta pemahamannya secara tepat dan benar. Kalau dilihat dari segi matannya maka hadis tersebut dapat menjelaskan dari ayat al-Qur’an. Untuk menjawab permasalahan di atas, maka penelitian ini dilakukan dengan langkah-langkah sebagai berikut; pertama, mengklasifikasi (mengelompokkan) data, yaitu data primer dan sekunder. Kedua, merumuskan teknik pengumpulan data. Ketiga, data tersebut di analisa dengan pendekatan takhrij al hadis melalui analisa sanad dan matan. Hasil penelitian ini menunjukkan, bahwa matan hadis yang berbicara tentang perkara yang mendatangkan bencana, terdapat dalam satu jalur, yang hanya diriwayatkan oleh Imam At Tirmidzi saja. Setelah diteliti hadis dari imam At Tirmidzi berstatus hasan yang masuk pada kategori gharib mutlak. karena dalam hadis tersebut diriwayatkan masing-masing oleh seorang rawy al A’la. Maka dapat di simpulkan bahwa hadis ini adalah hadis maqbul, yang dapat di terima dan dipergunakan sebagai dalil atau hujjah dalam penetapan hukum atau dalam beramal. Dengan demikian, terlihat jelaslah bahwa bencana itu tidak hanya terjadi karena sebuah fenomena-fenomena saja tetapi suatu bencana itu erat sekali dengan hukum-hukum yang Allah tetapkan, bisa jadi dengan bencana itu Allah menguji seorang kaum dan dengan bencana juga Allah mengazab seorang kaum.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 200 Agama > 290 Agama Selain Kristen > 297 Islam > 297.1 Sumber-sumber Agama Islam, Kitab Suci Agama Islam > 297.12516 Studi Hadits
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Ilmu Alqur'an dan Tafsir
Depositing User: eva sartika
Date Deposited: 29 Dec 2015 04:18
Last Modified: 29 Dec 2015 04:18
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/218

Actions (login required)

View Item View Item