TINJAUAN EKONOMI SYARI’AH TERHADAP PERANAN PROGRAM PENGEMBANGAN PADA BJ STORE KAMPUNG MELAYU PEKANBARU DALAM MENINGKATKAN KINERJA KARYAWAN

RIZQI PRATAMA PUTRA, - (2019) TINJAUAN EKONOMI SYARI’AH TERHADAP PERANAN PROGRAM PENGEMBANGAN PADA BJ STORE KAMPUNG MELAYU PEKANBARU DALAM MENINGKATKAN KINERJA KARYAWAN. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV BARU.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (598kB)
[img] Text
SKRIPSI GABUNGAN.pdf

Download (3MB)

Abstract

RIZQI PRATAMA PUTRA: “TINJAUAN EKONOMI SYARIAH TERHADAP PERANAN PROGRAM PENGEMBANGAN PADA BJ STORE KAMPUNG MELAYU PEKANBARU DALAM MENINGKATKAN KINERJA KARYAWAN”. Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya program pengembangan pada Bj Store dalam meningkatkan kinerja karyawan yang sudah dilakukan beberapa tahun belakangan ini. Namun belum menunjukkan hasil yang efektif. Terbukti masih di jumpai adanya karyawan yang melakukan pelanggaran disiplin bekerja seperti datang terlambat. Dalam penelitian ini yang menjadi rumusan masalah dalam skripsi ini adalah Bagaimana peranan program pengembangan Bj Store Kampung Melayu Pekanbaru dalam meningkatkan kinerja karyawan? Bagaimana faktor pendukung dan penghambat peranan program pengembangan Bj Store Kampung Melayu Pekanbaru dalam meningkatkan kinerja karyawan? Serta bagaimana tinjauan ekonomi syari’ah terhadap peranan program pengembangan pada Bj Store Kampung Melayu dalam meningkatkan kinerja karyawan. Penelitian ini bersifat penelitian lapangan. Dan dilakukan pada usaha Bj Store, dengan lokasi di Jl. Balam Ujung Sukajadi Pekanbaru. Populasi dalam penelitian ini adalah 1 orang menejer dan 7 orang karyawan dan semua menjadi sample (total sampling). Metode yang digunakan dalam pengumpulan data adalah observasi, wawancara, angket, dan dokumentasi. Data dari penelitian ini adalah data primer dan data skunder yang kemudian dianalisah menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Program pengembangan dalam meningkatkan kinerja karyawan pada Bj Store Kampung Melayu Pekanbaru terdiri dari mengikut sertakan karyawan dengan seminar tentang bisnis, memberikan pengembangan dengan mutasi, pengawasan, pembelajaran induvidu, motivasi dalam bekerja, dan memberikan bonus kepada karyawan yang kinerjanya bagus, menekankan sikap disiplin dalam bekerja, dan menekankan sikap kerjasama dalam mewujudkan visi misi perusahaan. Dimana semua program itu bertujuan untuk meningkatkan kinerja karyawan. Program yang ada dan berlaku di Bj Store Kampung Melayu Pekanbaru sudah bagus, namun masih ada beberapa karyawan yang memberikan tanggapan yang kurang disiplin. Namun dari segi kinerja ada satu indikator dengan tanggapan yang masih kurang bagus yaitu dari segi disiplin. Faktor pendukung dalam peranan program pengembangan dalam meningkatkan kinerja karyawan pada usaha Bj Store Kampung Melayu Pekanbaru yaitu adanya peran internal leadership, dan fasilitas, sedangkan faktor penghambatnya yaitu dana atau biaya pelaksanaan program, dan waktu pelaksanaan program. Tinjauan ekonomi syari’ah tentang peranan program pengembangan yaitu yang sesuai dengan ketentuan syari’ah yaitu berpendidikan, perpindahan karyawan (mutasi), pengawasan, motivasi, dan kerjasama. Sedangkan yang belum sesuai dengan ketentuan ekonomi syari’ah yaitu disiplin.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 200 Agama
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ekonomi Syari'ah
Depositing User: fasih -
Date Deposited: 04 Nov 2019 03:20
Last Modified: 04 Nov 2019 03:23
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/21797

Actions (login required)

View Item View Item