Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH PENERAPAN PENDEKATAN OPEN-ENDED TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS BERDASARKAN SELF EFFICACY SISWA DI SMP NEGERI 11 MANDAU

Cut Eka Fitriana, - (2019) PENGARUH PENERAPAN PENDEKATAN OPEN-ENDED TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS BERDASARKAN SELF EFFICACY SISWA DI SMP NEGERI 11 MANDAU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img] Text (BAB IV)
15. BAB 4 NANA (81-121).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (943kB)
[img]
Preview
Text
COVER -LAMPIRAN KECUALI BAB IV.pdf

Download (30MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki ada tidaknya perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematis antara siswa yang mengikuti pembelajaran pendekatan Open-Ended dengan siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional, mengetahui ada tidaknya perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematis antara siswa yang memiliki Self Efficacy tinggi, sedang dan rendah dan ada tidaknya interaksi antara penggunaan pendekatan dengan Self Efficacy terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Penelitian ini merupakan penelitian Quasi Eksperimental dengan desain The Nonequivalent Posttest Only Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII semester genap SMP Negeri 11 Mandau tahun ajaran 2018/2019. Sampel diambil secara purposive sampling adalah kelas VII.1 dan VII.3. Analisis data yang digunakan untuk hipotesis 1 menggunakan uji-t sedangkan untuk hipotesis 2 dan 3 menggunakan anova dua arah. Hasil analisis data dengan menggunakan uji-t hipotesis 1 menunjukkan thitung = 2.169214> t tabel = 1.67155 sehingga dapat disimpulkan terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematis antara siswa yang mengikuti pembelajaran pendekatan Open-Ended dengan siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional. Hasil analisis data dengan menggunakan anova dua arah menunjukkan F(B)hitung = 18.95> F(B)tabel = 3.17 dengan demikian dapat diambil kesimpulan bahwa terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematis antara siswa yang memiliki Self Efficacy tinggi, sedang dan rendah. Sedangkan interaksi F(A×B)hitung = 2.84>F(A×B)tabel = 3.17 sehingga dapat ditunjukan bahwa tidak terdapat interaksi antara pendekatan Open-Ended dengan Self Efficacy terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Kata Kunci: Pendekatan Open-Ended, Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis, Self Efficacy.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 30 Oct 2019 06:29
Last Modified: 30 Oct 2019 06:30
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/21792

Actions (login required)

View Item View Item