PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBING PROMPTING LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI LARUTAN ELEKTROLIT DAN NON ELEKTROLIT DI SMA MUHAMMADIYAH 1 PEKANBARU

SARINAWATI, - (2019) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBING PROMPTING LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI LARUTAN ELEKTROLIT DAN NON ELEKTROLIT DI SMA MUHAMMADIYAH 1 PEKANBARU. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (481kB)
[img] Text
GABUNGAN KECUALI BAB IV.pdf

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Sarinawati, (2019): Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Probing Prompting Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas X pada Materi Larutan Elektrolit dan Non-Elektrolit di SMA Muhammadiyah 1 Pekanbaru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada perbedaan dan pengaruh model pembelajaran probing prompting learning terhadap kemampuan berpikir kritis siswa. Bentuk penelitian ini adalah quasi eksperimen, yaitu bentuk penelitian yang menggunakan satu kelas eksperimen dan satu kelas kontrol yang menentukan perbedaan dua variabel. Jumlah sampel pada penelitian ini ada 2 kelas yaitu kelas X MIA 4 (eksperimen) yang mendapatkan perlakuaan model probing prompting learning yang berjumlah 28 siswa dan kelas X MIA 5 (kontrol) yang menerapkan pembelajaran konvensional berjumlah 28 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan tes tertulis pretest dan posttest, dan data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan uji independent sample t-test dan uji regresi linier sederhana. Hasil pengolahan data akhir diperoleh nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,000 yang mana lebih kecil dari 0,05 ( 0,000 < 0,05 ), dapat disimpulkan bahwa Ha diterima dan Ho ditolak. Berarti terdapat perbedaan model pembelajaran probing prompting dengan model pembelajaran konvensional terhadap kemampuan berpikir kritis siswa. Dan persamaan regresinya adalah Y=56,658 + 0,351 X. Diketahui nilai signifikansi (Sig.) sebesar 0,001 lebih kecil dari probabilitas 0,05 ( 0,001 < 0,05 ), sehingga dapat disimpulkan Ha diterima dan Ho ditolak. Artinya terdapat pengaruh model pembelajaran probing prompting terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas X SMA Muhammadiyah 1 Pekanbaru. Kata Kunci: Probing Prompting Learning, Berpikir Kritis, Larutan Elektrolit dan Non-Elektrolit.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Kimia
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 30 Oct 2019 02:12
Last Modified: 30 Oct 2019 02:13
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/21780

Actions (login required)

View Item View Item